4D/3N Amazing Belitung

Trip Nusantara kami kali ini mengunjungi Pulau Belitung (Belitong).  Sebuah pulau di timur Sumatera yang beberapa tahun terakhir naik daun karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Namun tidak hanya itu, Belitung juga menawarkan keindahan pantai berpasir putih dan segarnya sea food yang harganya ramah di kantong.

Hanya berjarak 1 jam terbang dari Jakarta, kami mengambil penerbangan pagi dengan maskapai Sriwijaya Air dan sekitar jam 07:30  kami sudah tiba di Tanjung Pandan Airport, H. AS Hanandjoeddin.

belitung airport

Selama 4D/3N di Belitung kami menyewa mobil dari tour setempat atas rekomendasi seorang teman. Dan pagi ini sopir sudah siap mengajak kami berkeliling Belitung!

DAY 1 : Hunting yang populer di Belitung

First Stop kami adalah restoran Mie Atep. Disini kami ingin mencicipi makanan khas yaitu Mie Belitung yang paling terkenal. Tidak heran walaupun masih pagi, restoran sudah ramai pengunjung. Dan kami pun harus rela antri beberapa saat untuk menunggu meja kosong.

mie atep

Mie Belitung memiliki cita rasa yang unik. Isinya mie kuning disiram kuah udang yang agak kental, ditaburi potongan bakwan udang dan kentang rebus, diberi irisan timun, udang rebus, tauge dan emping melinjo. Sangat enak dinikmati selagi hangat !  Ohya… untuk minuman, jangan lupa mencoba segarnya es jeruk kunci !

Selanjutnya tujuan kami adalah Pantai Bukit Berahu. Disini merupakan kawasan Resort dengan private beach. Pengunjung yang tidak menginap diperbolehkan berjalan menyusuri pantai atau sekedar duduk santai di restoran sambil menikmati secangkir kopi hangat dan merasakan sejuknya hembusan angin.

Pantai tanjung berahu

Perjalanan kami lanjutkan, dan tibalah di Pantai Tanjung Kelayang.  Pantai Tanjung Kelayang  adalah salah satu pantai yang populer di Belitung. Pantai ini juga berperan sebagai pelabuhan jika ingin melakukan Tour Island Hopping.

pantai kelayang

Dan karena kami tiba disini sudah lewat tengah hari, jadi kami hanya bisa menghabiskan waktu dengan berfoto, membuat video liputan dan bersantai ditemani buah kelapa segar.  Besok pagi-pagi kami akan kembali lagi kesini untuk melakukan Tour Island Hopping.

tanjung kelayang pantai

tanjung kelayang

Masih penasaran dengan pantai lainnya, sopir mengantarkan kami ke pantai kedua yaitu Pantai Tanjung Tinggi atau Geosite Tanjung Tinggi yang jaraknya berdekatan dengan Pantai Tanjung Kelayang.

tanjung tinggi pantai

Di Pantai Tanjung Tinggi inilah lokasi syuting Film Laskar Pelangi dan Film Sang Pemimpi.  Keunikan Pantai ini adalah batu-batu granit dengan ragam ukuran tersebar di sepanjang pantai yang menjadi spot incaran wisatawan untuk berfoto ria.

pantai laskar pelangi

Sayangnya saat kami sedang menikmati pantai, cuaca mendadak mendung dan turun hujan, sehingga kami putuskan untuk makan siang tidak jauh dari lokasi.  Setelah selesai ‘late’ lunch kami berbalik arah menuju Tanjung Pandan untuk check in hotel dan beristirahat.

DAY 2 : ISLAND HOPPING

Island Hopping di Belitung adalah wajib!  Sebaiknya dimulai sepagi mungkin agar kita puas menikmati aktivitas ini.

Jam 8 pagi kami sudah tiba di Pantai Tanjung Kelayang dan Private Boat yang kami sewa  pun sudah stand by menyambut kedatangan kami.

Semua kebutuhan Island Hopping sudah kami siapkan, Dry Bag kami isi dengan waterproof camera, snorkeling gear, selfie stick, baju ganti dan tidak lupa Sun Block SPF 110!

Destinasi Island Hopping kami adalah Pulau Batu Garuda, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang dan Pulau Kelayang.

Pulau Batu Garuda adalah yang paling dekat dari Pantai Tanjung Kelayang, disini  kami hanya foto dari dalam boat.

pulau garuda belitung

Perjalanan menuju Pulau Lengkuas cukup menantang karena tingginya deburan ombak di tengah lautan (Trip ini kami lakukan di akhir bulan Desember).

pulau lengkuas desember

Tiba di Pulau Lengkuas kami segera berjalan menuju Mercusuar yang menjadi Icon pulau ini.

pulau lengkuas belitung

Dari puncak Mercusuar kita bisa menikmati keindahan Belitung di ketinggian 52 meter. Berjalan perlahan mengitari bagian atas Mercusuar ini semuanya tampak begitu indah, rasanya rugi sekali jika tidak menginjakkan kaki disini !!

mercusuar pulau lengkuas belitung

Tapi ingat, kita juga harus tahu waktu, jangan egois berlama-lama di tempat ini karena pengunjung lain juga ingin berada di sini.

mercusuar pulau lengkuas

pulau lengkuas belitung

Setelah puas menikmati keindahan dari atas, kini saatnya kami menyusuri tepi pantainya.  Namun tidak lama hujan turun cukup deras, sehingga kami harus berteduh di satu-satunya kedai di Pulau ini, sambil menikmati cup noodle.

mercusuar pulau lengkuas belitung

Setelah hujan reda kami kembali ke Boat menuju lokasi snorkeling yang tidak jauh dari Pulau Lengkuas.

snorkeling pulau lengkuas

pulau lengkuas snorkeling

Island Hopping selanjutnya menuju Pulau Kepayang. Disini kita bisa makan siang atau mencicipi aneka gorengan sambil menyeruput kopi / teh hangat. Disediakan juga kamar mandi bagi pengunjung yang ingin berbilas.

pulau kepayang belitung

Destinasi terakhir adalah Pulau Kelayang. Jika ingin merasakah pengalaman berbeda maka disinilah tempatnya!  Dengan menyusuri trail kita bisa menemukan hutan di tengah pulau, goa dan Telaga Bidadari.

Karena trail menuju hutan agak licin sehingga harus extra hati-hati dan sebaiknya memakai aqua shoes.

pulau kelayang

Dan jika beruntung, kita bisa menemukan Bintang Laut di tepi pantai.

KOPI KONG DJIE

Penyuka kopi yang sedang berada di Belitung, pastikan mampir ke Kedai Kopi Kong Djie. Ini adalah kedai kopi paling legendaris yang berdiri sejak tahun 1943. Malam ini selepas dinner, kami sengaja mampir untuk mengobati rasa penasaran. Beruntung sekali kami bisa bertemu dan berbincang-bincang dengan Sang Pemilik yang ternyata sangat ramah dan tidak segan berbagi cerita tentang kekhasan rasa Kopi Kong Djie.

kopi kong djie belitung

Sukses terus untuk Kopi Kong Djie ya Pak!

DAY 3 : BELITUNG TIMUR

Hari ini perjalanan panjang sudah menanti. Trip ke Belitung Timur membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan mobil.

Di tengah perjalanan, kami mampir ke Taman Wisata Alam Batu Mentas & Tarsius Sanctuary.  Tarsius adalah spesies monyet kecil yang hampir punah. Ukurannya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, namun memiliki mata dengan ukuran yang cukup besar. Sebagai binatang nokturnal, di malam hari matanya yang besar itu bisa berkilau. Uniknya lagi, kepala Tarsius ini dapat memutar hampir 180 derajat baik ke arah kanan maupun ke arah kiri.

Tidak mudah menemukan binatang ini di siang hari, butuh ketajaman mata dan ketelitian. Tapi akhirnya setelah beberapa saat mencari dibantu Pemandu, kami beruntung mendapatkan foto terbaik Tarsius ini.

Tarsius belitung

Jalanan menuju Belitung Timur sudah sangat baik, perjalanan dengan mobil terbilang mulus dan lancar sampai akhirnya kami tiba di Replika Sekolah Laskar Pelangi Gantong.

sekolah laskar pelangi belitung timur

Bersebrangan dan tidak jauh dari Sekolah ini, kita juga bisa berkunjung ke Rumah Keong Belitung.

rumah keong belitung timur

Museum Kata Andrea Hirata

Berjarak kurang dari sejam dengan mobil dari Rumah Keong, kami tiba di Museum Kata Andrea Hirata.  Setiap tulisan, gambar dan dekorasi di dalam museum benar-benar mencerminkan kreativitas Andrea Hirata dan Team Pengelola Museum.

museum kata

Jangan lupa, disini pengunjung bisa menukarkan tiket masuk museum dengan Buku Saku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

buku laskar pelangi museum kata

Kampung Ahok & Rumah Orang Tua Ahok

Tidak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata terdapat Kampung Ahok yang terletak di pinggir jalan. Memiliki halaman yang cukup luas dengan Rumah Panggung khas Belitung di tengahnya. Untuk masuk ke area ini tidak perlu membayar tiket.

kampung ahok belitung timur

Rumah panggung ini dalamnya terdapat ruangan besar dengan meja, bangku dan lemari.  Di dindingnya tergantung foto-foto dan karikatur Ahok.

Tepat di seberang Kampung Ahok adalah rumah orang tua Ahok yang sampai saat ini masih dihuni. Di sebelah rumah Ahok ada sebuah toko souvenir khas Belitung dan halaman kecil untuk kandang kuda poni.

rumah ahok belitung timur

kuda poni rumah ahok

Untuk makan siang, sopir membawa kami ke Pantai Serdang, Manggar. Disini banyak sekali restoran lokal yang semuanya menyajikan menu sea food.  Sopir merekomendasikan menu Ikan Gangan yaitu Sup Ikan ala Belitung dengan kuah yang sedikit pedas dan rasa asam dari irisan buah nanas…. Rasanya benar-benar mantapp dan enakkkk banget !

ikan gangan belitung

Ditengah perjalanan pulang ke Tanjung Pandan, kami mampir sejenak ke Vihara Dewi Kuan Im, di Desa Burung Mandi.  Tidak hanya sebagai tempat ibadah umat Budha, Vihara ini juga merupakan salah satu objek wisata ternama di Belitung Timur.

vihara kwan im belitung

Satu hal lagi yang membuat kami penasaran di trip Belitung ini adalah ingin mencicipi authentic Martabak Bangka. Kira-kira rasanya sama ga dengan yang selama ini ada di Jakarta ?  Penasaran juga kan….. ?!

Oleh penduduk lokal Martabak Bangka disebut juga  Hok Lo Pan, dalam bahasa Mandarin 福佬 粄  Fu Lao Ban.  Lokasinya di pusat kota Tanjung Pandan, dekat persimpangan jalan Teuku Umar dan Jalan Sriwijaya.

martabak belitung hok lo pan

DAY 4 : BELI OLEH-OLEH & DANAU KAOLIN

Hari ini kami kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore, sehingga pagi setelah check out hotel kami masih bisa melakukan beberapa aktivitas seperti membeli oleh-oleh makanan khas Belitung dan mengambil pesanan Kepiting Isi di Mak Idot.

mak idot

Mengunjungi Danau Kaolin kami pilih di hari terakhir ini karena lokasinya tidak jauh ke airport. Lokasi Danau Kaolin berada di pinggir jalan dan terbuka untuk umum sehingga semua orang bisa singgah ke sini.

danau kaolin belitung

Danau ini terbentuk dari bekas pertambangan Kaolin (sejenis mineral)  yang sekarang telah ditinggalkan namun alam justru mengubahnya menjadi Danau yang indah dengan warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala.

Selama berada di kawasan ini, kita harus tetap berhati-hati dan mematuhi petunjuk yang ada karena tidak semua lokasi aman untuk dipijak.

Mengakhiri Trip Belitung ini kami mampir makan siang di Restoran Dynasty untuk menikmati signature dish Kepiting Masak Saos Padang yang Maknyoss dan Recommended Banget !!

restoran dynasty belitung

restoran dynasty tanjung pandan

SHARING INFO :

1. Hotel tempat kami menginap: BW Suite dan Max One Hotel
  2. Sewa mobil bisa menghubungi Ifan Travel, HP / Whatsapp 0812 7310 1212
  3. Restoran Dynasty Chinese Food : Jalan Susilo, Tanjung Pandan, HP 0819 2955 3557