Aktivitas seru di Pulau Kakaban

Pulau Kakaban dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Zone, menyimpan harta karun yang luar biasa berupa aneka biota langka yang hanya ada di dua tempat di dunia.

Biota langka tersebut adalah jellyfish (ubur-ubur) tanpa sengat yang menurut informasi jumlahnya paling banyak di dunia! Selain di Kakaban, ubur-ubur jenis ini bisa juga dijumpai di Pulau Palau, bagian Kepulauan Mikronesia, Samudra Pasifik.

Jadi buat para traveller dan adventurer, Pulau Kakaban ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi sekali dalam seumur hidup.

Danau yang menjadi tempat hidup ubur-ubur ini cukup unik karena awalnya berasal dari air laut yang terjebak di dalam pulau, kemudian tercampur dengan air tanah dan air hujan selama jutaan tahun lamanya.

Danau di Kakaban lebih luas dibanding danau Ubur-Ubur di Palau. Kedalamannya mencapai 11 meter dan memiliki ekosistem yang cukup unik. Terdapat 4 species ubur-ubur yang berdomisili di dalam danau ini selama jutaan tahun.

Keempat spesies itu adalah :
1. Ubur-ubur Bulan (Aurelia aurita)
2. Ubur-ubur Totol (Mastigias cf papua)
3. Ubur-ubur Kotak (Tripedalia cystophora)
4. Ubur-ubur Terbalik (Cassiopea ornata)

kakaban danau ubur ubur
Ubur-ubur Bulan (Aurelia aurita) dan Ubur-ubur Totol (Mastigias cf papua)

kakaban danau ubur ubur

kakaban danau ubur ubur
Kumpulan ubur-ubur Totol (Mastigias cf papua)
kakaban danau ubur ubur
Ubur-ubur Terbalik (Cassiopea ornata)

Ubur-ubur terbalik ini adalah jenis yang paling banyak ditemui dan juga yang unik karena ubur-ubur ini berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Suatu hal yang aneh, karena biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah.

Menurut para ahli, sengat pada ubur-ubur tidak sepenuhnya hilang. Namun, sengat ini kemudian melemah setelah berevolusi selama jutaan tahun di danau ini. Konon alasannya karena tidak ada predator yang mengancam ubur-ubur yang berada di danau asin tersebut. Jadi sengat yang menjadi senjata ubur-ubur ini tidak segahar saudara mereka yang berada di lautan lepas.

kakaban danau ubur ubur

kakaban danau ubur ubur

Ketika merapat di dermaga kecil Pulau Kakaban, kami disambut gapura kayu bertuliskan “Welcome to Kakaban Island”. Setelah itu, terlihat loket tiket dan toilet. Perjalanan pun berlanjut, meyusuri anak tangga dari kayu yang menanjak, kemudian menurun berjarak sekitar 200 meter-an menuju Danau Kakaban ini.  Biasanya para pengunjung akan disambut juga oleh seekor kucing “penunggu pulau” yang katanya bila dia suka dengan salah satu pengujung, ia akan setia mengikuti sampai ke pinggir danau.

kucing pulau kakaban, kucing kakaban, kakaban cat

 

kucing pulau kakaban, kucing kakaban, kakaban cat

Tips Berwisata ke Danau Kakaban
1. Membawa alat snorkeling (masker + snorkel + life vest)
2. Tidak boleh melompat langsung ke danau, pengunjung bisa menggunakan tangga yang disediakan untuk masuk kedalam air.
3. Tidak boleh memakai fin atau kaki katak, karena akan melukai/membunuh ubur-ubur
4. Tidak boleh memakai Sun-block lotion sesaat sebelum memasuki air di danau
5. Pastikan tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga keasrian dan kelestarian Danau Kakaban. Siapa lagi yang harus menjaga alam kalau bukan kita?
6. Jangan menyentuh/menekan/meremas ubur-ubur dengan cara-cara yang kasar!

kakaban danau ubur ubur

Danau Kakaban adalah satu dari beberapa danau yang memiliki daya tarik tersendiri di Indonesia. Danau ini menawarkan sejuta pesona yang akan membuat liburan di kepulauan Derawan ini menjadi lebih istimewa!

Setelah makan siang dan istirahat sejenak sambil bermain sekitar dermaga, kita melanjutkan aktivitas snorkeling yang berada tidak jauh dari garis pantai Pulau Kakaban.

Di Pulau Kakaban terdapat spot snorkeling yang tidak hanya indah tetapi juga menantang adrenaline. Lokasinya tidak jauh dari dermaga dan dikenal dengan nama “Palung Kakaban”. Airnya bening, terumbu karangnya indah sekali dan menjadi tempat hidup aneka jenis ikan.

palung kakaban

Adrenaline mulai terpacu saat turun dari kapal dan mulai berenang disana, airnya bisa dirasakan sebagian dingin dan sebagian hangat. Bisa dibayangkan ketika di satu sisi kita bisa melihat terumbu karang cantik berwarna-warni di daerah yang dangkal tetapi ternyata  disebelahnya langsung berupa palung mirip jurang yang sangat dalam dimana hanya terlihat biru gelap yang seakan tidak berujung.

Kepulauan Derawan dan sekitarnya ini menyimpan banyak kekayaan terumbu karang. Jadi kalau beraktivitas disini (dan di manapun) jangan sampai kita merusak terumbu karang, karena meski terlihat kokoh, terumbu karang sebenarnya sangat rapuh dan mudah rusak, butuh waktu yang sangat lama untuk mengembalikan keindahannya itu.

Peta Kepulauan Derawan

Pemesanan Resort & Boat melalui : Jadi Jalan
Guide :  Lukman

4 thoughts on “Aktivitas seru di Pulau Kakaban”

  1. Ya ampuuuun cantik bangettt yaaaa. Aku udah lama denger ttg pulau ini, tp memang blm prnh kesana.. Walopun aku ragu juga sih, utk yg ga bisa berenang samasekali kayak aku, apa msh bisa menikmati bawah airnya juga yaaa :D. Pdhl pgn ngerasain sentuhan ubur2nya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *