CHINA 5D/4N : Zhenyuan-Yangshuo-Guilin Naik Kereta Cepat

Di penghujung Autumn ini kita berdua ingin sejenak melepaskan penat dari daily life dengan escape 5 hari ke Guizhou province di China. Kota yang menjadi tujuan trip kami adalah Zhenyuan County, Yangshuo dan Guilin. Dan…transportasi yang dipilih adalah High Speed Train!

Kami cerita sedikit tentang High Speed Train di China ya…. Perkembangan transportasi khususnya kereta cepat di China memang harus diacungi dua jempol. Bagaimana tidak, kemanapun tujuan kita, mostly dapat dijangkau dengan kereta api! Dan pada akhir September 2018 lalu, di Hong Kong sudah dibuka West Kowloon Station yang menjadi penghubung Hong Kong dengan kota-kota besar di China. Mulai dari jarak terpendek ke Shenzhen North hingga ke Beijing! Kecepatan High Speed Train ini juga nggak tanggung-tanggung, bisa mencapai 350 Km/jam !!

Kami berdua sudah 3 kali naik High Speed  Train dari West Kowloon Station, tapi trip ke Guizhou ini adalah yang terpanjang karena itu kami pilih seat yang se-nyaman mungkin, jadinya kita booking ticket Business Class.

Trip berawal dari Hong Kong ke Shenzhen North, hari Jumat malam setelah pulang kerja dan dinner kami menuju West Kowloon Station jam 9 malam, untuk naik kereta yang jam 10. Mengapa malam-malam? karena besok pagi kereta dari Shenzhen North ke Guiyang North depart jam 8, agar besok tidak telat makanya malam ini kami rencanakan nginap semalam di hotel yang dekat dengan Shenzhen North Station.

Hong Kong ke Shenzhen North hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Jam 22:30 kita sudah tiba dan langsung check in hotel untuk beristirahat (kami booking di Vienna Hotel).

Day 1 : Shenzhen North  – Guiyang North – Kai Li South

Karena naik kereta yang jam 8 pagi, kami sudah check out hotel jam 6:45, naik taxi 10 menit sampai di Shenzhen North Station. Destinasi pertama kami Zhenyuan County (atau Zhenyuan Ancient Town). Untuk sampai ke Zhenyuan, kami naik kereta dari Shenzhen North ke Guiyang North ditempuh selama hampir 5 jam (1052 Km), lalu transfer kereta dari Guiyang North ke Kaili South selama 30 menit. Tiba di Kaili kami dijemput oleh Mr Yang, sopir yang akan mengantar kami menuju Zhenyuan County, perjalanan sekitar 2 jam.

Ngebayanginnya cape ya hehhehehe….Tapi kami benar-benar happy dan excited karena sudah mengantisipasi dengan memilih Business Class di 5 jam pertama, jadi hampir tidak merasakan cape sama sekali.

Dibawah ini foto suasana gerbong Business Class yang nyaman banget selama 5 jam perjalanan.

Singkat cerita, kami tiba di Zhenyuan Ancient Town sekitar jam 5 sore.

Zhenyuan adalah kota tua di Guizhou Province, dengan luas area hanya 3,1 Km2 dan dikelilingi sungai Wu Yang, sehingga ada yang mengatakan Zhenyuan adalah Venice di Timur.

zhenyuan photography ancient town east venice

Alasan memilih Zhenyuan karena tiap sudut kota ini sangat indah untuk diabadikan. Hobby Fotografi Andri bisa tersalurkan di sini.

zhenyuan ancient village kaili south private car hotel venice east hot sour fish food local

Karena cuma punya 5 hari untuk trip ini, kami hanya menginap 1 malam di Zhenyuan, dan memanfaatkan waktu dari sore sampai besok jam 11 untuk menikmati keindahan sekitar.

Kami menginap semalam di Yong Ru Rong Jing Xin Ju Guest House. Dan demi bisa mendapatkan view langsung ke Wu Yang River, kami memilih type kamar Honeymoon Suite.

Guest house ini highly recommended karena Staf dan Owner Hotelnya sangat ramah dan informatif, kamar bersih, nice interior dan lokasinya berada di pusat keramaian. Hanya 10 menit jalan kaki ke Qinglong Cave.

Yang kami lakukan di Zhenyuan :

  1. Jalan kaki menyusuri sudut kota, menikmati indahnya warna warni lampu di malam hari
  2. Mencoba naik public bus yang sebagian interior dan exterior-nya terbuat dari kayu. Ongkos CNY 2/orang
  3. Menyeberang sungai Wu Yang dengan perahu getek, jarak pendek. Ongkos CNY 1/orang
  4. Melintasi Zhusheng Bridge.
  5. Mengunjungi Qinglong Cave untuk foto kota Zhenyuan dari atas Pavilion (Tiket masuk CNY 60/orang, Jam operasional 8 AM – 5 PM)
  6. Menikmati kuliner Hot & Sour Fish (Ikan dipanggang lalu dimasukkan ke wadah, ditambahkan potongan tahu diatasnya lalu dipanaskan di atas api)

getek boat venice zhenyuan ancient town cross river

Day 2 : Zhenyuan to Yangshuo

Masih di Zhenyuan, pagi-pagi kami sudah keluar guest house untuk foto-foto, lalu sarapan mi kuah dengan pemandangan Wu Yang River.

 Jam 10 kami kembali ke Guest House untuk berkemas dan check out karena jam 11, sopir yang kami booking, Mr Yang akan mengantar kami ke Yangshuo. Perjalanan menuju Yangshuo dengan mobil sekitar 6 jam. Lumayan lama yaa hehehehe. Sebenarnya ada kereta api yang menghubungkan 2 kota ini tapi karena jadwal kereta yang terbatas (tidak banyak pilihan jam) dan kami ingin menikmati Zhenyuan semaksimal mungkin, jadinya kami pilih sewa mobil.

Saran untuk Teman-teman jika kalian punya waktu lebih bisa stay 2-3 malam disini dan pilih naik kereta, bukan sewa mobil. Sekali lagi dikarenakan waktu kami terbatas makanya sewa mobil adalah pilihan satu-satunya walaupun harus merelakan budget membengkak (harga sewa mobil double dari harga tiket kereta api).

Ohya…selama 6 jam naik mobil, kita melewati jalan tol yang benar-benar bebas hambatan! Jalannya mulus lus lus lus…

Jalan tol yang kami lewati memiliki Rest Area tapi fasilitasnya tidak selengkap dan sebagus Rest Area di Tangerang  dan Cikampek. Tidak ada restoran, hanya ada Pom Bensin, WC dan Mini Market kecil. Jadi perlu menyiapkan bekal sebelum masuk tol atau yaa hanya ngemil snack yang dibeli di Mini Market.

Kami tiba di Yangshuo sudah hampir jam 6 sore, disambut dengan langit mendung dan awan abu-abu, kurang bagus untuk foto-foto dan tidak bisa menikmati sunset. Udara di Yangshuo saat itu agak humid, sedikit lebih panas dari Zhenyuan, but still fine.

Sopir kami, Mr Yang, mengantarkan kami sampai ke River View Hotel. Selepas check in, first thing we did is Order Makanan ! Laperrr guys… hahaha.

Sesuai namanya, River View Hotel berada di tepi sungai Li. Hanya menyebrang jalan dari Lobby hotel, kita sudah bisa menikmati Li River yang panjang, lebar dan bersih! Sungai ini menjadi jalur lalu lintas kapal-kapal turis dan kapal yang menuju Guilin.

Malam ini aktivitas kami adalah nonton Spectacular Show Liu San-Jie. Sebuah performance seni yang sangat terkenal dan wajib ditonton jika berada di Yangshuo. Konon Liu San-Jie merupakan pertunjukan outdoor kolosal pertama di China dengan melibatkan 600 orang pemain!

Beberapa foto pertunjukan Liu San-Jie akan kami share disini supaya teman-teman bisa membayangkan betapa pertunjukan ini memang sangat worth it untuk ditonton.

Pertunjukan Liu San-Jie dimulai jam 7:30 PM (tiap hari), berlangsung sekitar 60 menit. Tiket pertunjukkan bisa dibeli di hotel dan harganya sudah termasuk free shuttle bus.

Selesai nonton Liu San-Jie kami diantar pulang ke Hotel, lalu kami bersiap menuju Shopping Street yang lokasinya hanya 10 menit jalan kaki. Di Shopping Street ini kita bisa menemukan suasana yang meriah dengan sentuhan modern EAST meet WEST. Cafe dan Pub bergaya kekinian dan sangat instagrammable, menawarkan aneka hiburan, minuman dan makanan. Di kiri kanan jalan banyak toko souvenir, fashion, local snacks, kaki lima menjual aneka asesoris dan mainan. Turis lokal dan mancanegara memenuhi Shopping Street ini.

Bagaimana dengan Kuliner Wajib Yangshuo? Disini ada 2 makanan yang sangat terkenal dan harus kamu coba ! Pertama Yangshuo Beer Fish dan Stuffed Li River Snail (keong isi daging). Ada juga Yangshuo Barbecue dan Stinky Toufu.

bbq yangshou

Yang pertama kami coba malam itu adalah Stuffed Li River Snail. Tidak sulit menemukannya karena hampir di semua restoran akan memajang Snail / Keong ini di pintu masuk.

Stuffed Li River Snails (阳朔酿田螺)

Stuffed Li River Snail adalah keong yang didalamnya diisi daging cincang lalu di steam. Setelah matang, keong ditumis dan diberi bumbu sehingga rasa gurih bumbu bisa kita rasakan mulai dari rumah keongnya hingga  meresap sampai ke bagian isi.

Stuffed Li River Snails (阳朔酿田螺)

Untuk 1 porsi di restoran yang cukup berkelas seharga CNY 49, 1 porsi isinya sekitar 12-15 pcs keong. Kami juga memesan Yangshuo Barbecue sebagai pelengkap. Tidak lupa 2 botol Beer lokal ikut menemani Supper malam ini…

Day 3 : Yangshuo

li river fisherman

Pagi ini cuaca cukup cerah. Tidak banyak aktivitas yang kami lakukan, hanya berjalan di sekitar hotel, berfoto di tepi Sungai Li dan kembali ke Shopping Street untuk membeli beberapa snack lokal. Untuk lunch kami memilih makan di hotel dengan memesan Yangshuo Beer Fish (Pijiu Yu 啤酒鱼), Vegetable dan Nasi. Pokoknya selama di Yangshuo harus mencicipi si Beer Fish ini! Harga per porsi CNY 98.

Selesai lunch kami segera check out hotel dan dengan taxi kami menuju Hotel Alila Yangshuo, tempat kami menginap malam ini. Review lengkap dan foto-foto cantik Alila Yangshuo akan kami sharing-kan terpisah.

Sekitar jam 1 siang kami sudah tiba di Alila. Sesuai rencana, selama menginap disini kami akan benar-benar menikmati semua fasilitas hotel (hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya hahahaha). Jadi sejak check in sampai check out esok harinya kami berada di area hotel saja, itu pun berasa masih kurang!

Day 4 : Yangshuo to Guilin

Check out time Alila yang seharusnya  jam 12, kami minta late check out jam 12:30 (ogah rugi hahhaaha).

Next destination yang juga menjadi kota terakhir di trip ini adalah Guilin.

Sebenarnya Yangshuo – Guilin dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan mobil, namun Mr Huang, sopir kami, menawarkan mampir di Xianggong Hill, sehingga total perjalanan kami menjadi 4 jam-an.

Apa yang membuat Xianggong Hill menarik? Beberapa tahun lalu seorang Photographer lokal mengambil beberapa foto dari bukit ini dan menjadi juara di kontes fotografi internasional. Sejak itulah Xianggong Hill menjadi terkenal dalam semalam!! Kini siapa pun penyuka Photography pasti tidak akan melewatkan Xianggong Hill di itinerary-nya.

Walaupun harus membayar tiket masuk (RMB 60/orang) dan menaiki anak tangga selama 20 menit untuk sampai di look out point-nya, itu semua terbayar dengan pemandangan indah yang kita dapat!

Xianggong Hill yangshuo guilin

Kami tiba di Guilin sekitar jam 5 sore. Hotel pilihan kami adalah Guilin Zizhou Panoramic Resort. Lokasinya berada di dalam ZiZhou Garden. Posisi hotel yang berada di tengah-tengah taman berkesan sangat asri dan teduh, dikelilingi pepohonan dan hutan bambu. Suasananya mirip sekali dengan Kebun Raya Bogor.

Guilin Zizhou Panorama Resort

Spot paling terkenal di dalam Zizhou Garden ini adalah Elephant Trunk Hill (Xiangbishan 象鼻山) yang mendapatkan akreditasi pariwisata AAAAA dari Pemerintah China.

Setelah check in dan istirahat sejenak, kami early dinner di hotel setelah itu keluar untuk menikmati malam terakhir trip kami. Hanya dengan menyebutkan kata Buxingjie (Shopping Street) ke sopir taxi, kita diantar ke pusat keramaian untuk menikmati aneka hiburan, snack local, restoran dan toko-toko aneka produk dan souvenir.

guilin night market Xiaoyao Tower

guilin night market

Sekitar jam 10 kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Day 5 : Guilin to Shenzen North to Hong Kong

Setelah selesai Sarapan di hotel dan menunggu jam check out, kami jalan-jalan di dalam area Zizhou Garden ini. Taman yang luas menjadi daya tarik turis lokal sejak pagi hingga sore hari. Spot yang paling menarik perhatian kami adalah Hutan Bambu karena sangat instagrammable.

Jam 12 kami check out dan menuju Guilin North Train Station dengan taxi selama 30 menit. Tiba di area station kami lunch dulu sebelum masuk ke dalam station.

Kereta dari Guilin ke Shenzen North depart jam 3:25 PM, sambil menunggu waktu boarding kita duduk di dalam Lounge Business Class yang tersedia di dalam station.

guilin north business class lounge high speed train

Kami tiba di Shenzhen North sekitar jam 6:30 PM dan lanjut naik High Speed  Train ke West Kowloon Station Hong Kong jam 7:35 PM.

Trip 5 hari kami berakhir sesaat setelah High Speed Train tiba di Hong Kong pada jam 8 PM.

SHARING INFO :

  • Sopir lokal dari Kaili South Station – Zhenyuan County – Yangshuo : Mr Yang +86 151 86785081 (telepon / Wechat)
  • Sopir lokal dari Yangshuo ke Guilin : Mr Huang, +86 13977331059 (telepon / Wechat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *