Explore Brunei & Ulu Ulu Temburong 5D/4N

Negara Brunei Darussalam tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena Brunei adalah negara tetangga Indonesia yang letaknya berdekatan dengan propinsi Kalimantan Utara.

BRUNEI TRIP

Walaupun tidak asing di telinga, namun belum banyak yang tahu tentang tempat-tempat wisata yang dimiliki negara yang kaya akan minyak dan gas bumi ini.

Terbang dengan maskapai Royal Brunei Airlines kami menempuh 3 jam perjalanan dari Hong Kong International Airport menuju Brunei International Airport.

Setibanya di Arrival Hall Brunei International Airport kami disambut dengan keramahan Staf hotel yang telah siap dengan mobil jemputan untuk mengantarkan kami ke LeGallery Suites Hotel yang berjarak hanya 15 menit dari Airport.

Setelah proses check in kamar selesai kami bersiap kulier malam di Gadong Night Market.  Dengan Taxi kami berangkat menuju Gadong Night Market, ongkos BN Dollar 15 sekali jalan.

Di Brunei transportasi umum agak sulit ditemukan karena masyarakat disini terbiasa mengendarai mobil pribadi, sehingga demi kenyamanan pulang ke Hotel kami meminta Sopir menjemput kami 2 jam lagi.

GADONG NIGHT MARKET

Gadong Night Market yang ada saat ini adalah bangunan pasca renovasi. Sebuah bangunan permanen dengan hall yang luas, di tiap section berbaris rapi food stall yang menjual puluhan jenis makanan dan kue khas Brunei, minuman, buah-buahan, pakaian bahkan ada yang menjual CD / DVD lagu dan film Indonesia !

GADONG NIGHT MARKET

Disediakan juga meja dan kursi agar pengunjung dapat duduk santai menikmati makanan.

Makanan dan minuman di sini cukup murah, rata-rata dibandrol dengan harga BN Dollar 1 / porsi.

Disini kita juga bisa menemukan beberapa makanan yang mirip dengan di Indonesia seperti Martabak manis, Kwetiaw / Mie / Nasi Goreng, Bakso, Es Kelapa Muda.

Makanan khas Brunei yang wajib dicicipi :

  1. Nasi Katok adalah Nasi porsi kecil, ayam goreng dan sambal balado
  2. Sate Brutu Ayam
  3. Pulut Panggang isi Udang / Daging (mirip Lemper)
  4. Keropok Lekor (otak-otak goreng)
  5. Durian merah

durian merah brunei

Di tengah perjalanan kembali ke Hotel, kami sempatkan mampir ke dua buah Mesjid yang sangat terkenal, bukan hanya di Brunei melainkan juga di Asia Tenggara.  Yang paling dekat dengan Gadong Night Market adalah Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah.

MASJID HASANAL BOLKIAH

Selanjutnya kami menuju Masjid Omar Ali Saifuddien. Masjid ini sangat indah untuk di foto dan lokasinya pun tidak jauh dari LeGallery Suites Hotel. Demi mendapatkan keindahan Masjid ini kami sempatkan untuk mengunjunginya di saat matahari terbit, matahari terbenam dan malam hari.

Masjid Omar Ali Saifuddien.

Masjid Omar Ali Saifuddien.

Masjid Omar Ali Saifuddien.

HARI KEDUA : CITY TOUR

BRUNEI TOUR

Hari ini itinerary kami lumayan padat. Pagi hari kami menyusuri sungai dan hutan bakau untuk melihat Proboscis Monkey, spesies monyet dengan hidung panjang berwarna pink. Agak sulit menemukan monyet ini namun kami sangat beruntung bisa mendapatkannya.

PROBOSCIS MONKEY

Setelah itu masih dengan boat, kami melanjutkan perjalanan ke Kampong Ayer.

WATER VILLAGE BRUNEI TOUR

KAMPONG AYER

Setelah Boat merapat di salah satu Jetty, kami turun dan berjalan melihat-lihat suasana di Kampong Ayer.

KAMPONG AYER BRUNEI

Kampong Ayer menjadi tempat tinggal sebagian warga Brunei sejak 600 tahun lalu. Saat ini ada sekitar 20.000 orang yang menetap di sini. Kami berkesempatan masuk ke salah satu rumah untuk menyaksikan langsung kehidupan warga. Dengan membayar BN Dollar 20 / orang kami bisa menikmati aneka snack lokal yang sudah disediakan oleh sang Pemilik Rumah.

Kampong ayer

ROYAL REGALIA MUSEUM

Salah satu destinasi penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi Royal Regalia Museum. Disini kita bisa menemukan barang-barang milik kerajaan Brunei, Pakaian kebesaran,  Mahkota Kerajaan, Keris, koleksi cindera mata dari berbagai Pemimpin Negara, Kereta Kerajaan yang sudah berumur puluhan tahun, dan masih banyak lagi.

Peraturan di dalam Museum, Tas dan Kamera harus disimpan di dalam Locker yang sudah disediakan dan Pengunjung tidak diijinkan berfoto di dalam Museum. Berfoto hanya boleh di area lobby.

Royal Regalia Museum

Di dalam Museum juga terdapat Toko Souvenir khas Brunei seperti magnet kulkas, snow ball, gantungan kunci dll

ISTANA NURUL IMAN

istana nurul iman

Menjelang sore hari setelah selesai makan siang, kami menuju Istana Nurul Iman, tempat tinggal Sultan Brunei dan keluarga besarnya. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk berfoto di bagian luar pintu gerbang Istana.

Bila beruntung di sore hari sekitar jam 16:00, bisa bertemu atau melihat Sultan Brunei keluar dari area istana ini.

istana nurul iman

JERUDONG PARK

Jerudong Park adalah satu-satunya Amusement Park di Brunei memiliki air mancur yang sangat indah, yang juga menjadi Icon Jerudong Park.

jerudong park

EMPIRE HOTEL & COUNTRY CLUB

empire hotel brunei

Brunei tidak hanya memiliki Sunrise yang indah, tetapi juga Sunset yang sangat mempesona.  Demi mendapatkan keindahan Sunset, kami mampir ke Empire Hotel & Country Club, hotel bintang 5 yang langsung menghadap ke laut lepas.

Berada di Empire Hotel seperti berada di sebuah Resort, sehingga sangat cocok untuk para Honeymooners.

SEAWORLD NEPTUNE RESTAURANT

Tidak lengkap rasanya jika belum menikmati lezatnya fresh seafood di Brunei.  Salah satu Restaurant yang terkenal dengan aneka hidangan seafood adalah Sea World Nepture Restaurant.

seaworld neptune seafood restaurant brunei

Restaurant ini sangat padat pada jam makan malam, rupanya memang disini terkenal karena kelezatan masakan-nya.

HARI KETIGA & KEEMPAT : ULU ULU TEMBURONG NATIONAL PARK

Berjarak 1.5 jam dari Bandar Seri Begawan, Ulu Ulu Temburong National Park adalah destinasi yang tepat bagi para Nature Lover atau bagi mereka yang ingin sejenak meninggalkan hiruk pikuk kota besar.

Perjalanan dimulai dengan naik speed boat menyusuri hutan bakau selama 40 menit sampai ke Bangar Jetty Temburong.

Jetty temburong

Sesaat setelah tiba di area kedatangan kami sudah ditunggu oleh Guide dari Ulu Ulu Resort yang akan mengantarkan kami dengan Mini Bus  sampai ke Batang Duri Jetty.

bus to temburong

Dari Batang Duri Jetty kita akan naik Temuai, boat berukuran panjang sekitar 4 meter, yang bisa ditumpangi oleh 5-6 orang dewasa. Perjalanan dengan Temuai melintasi sungai selama 30-40 menit menuju Ulu Ulu Resort.

Duduk di dalam Temuai, menikmati arus sungai sambil sesekali menoleh kiri kanan Rainforest membuat perjalanan 40 menit tidak terasa lama.

Walaupun pada saat kami datang water level sungai tidak terlalu tinggi karena kurangnya curah hujan, tidak mengurangi keseruan sama sekali.

long boat to ulu ulu resort

Sesaat kami tiba di Ulu Ulu Resort kami disambut oleh Thomas, Guide yang akan menemani aktivitas kami selama 2D/1N disini.

Dan karena tepat hari Jumat, umat Muslim di Brunei wajib beribadah, sehingga semua kegiatan dihentikan pada jam 12 sampai 2 siang.

Jam 2:30 kami memulai aktivitas dengan ber-kayak dan water tubing tidak jauh dari lokasi Resort. Malam harinya setelah makan malam, selama 30 menit diadakan night jungle walk di area Resort.

Kayaking

Ulu ulu temburong resort

Water Tubing

Night Jungle Walk

Klimaks dari Trip ke Ulu Ulu Temburong adalah menyaksikan Sunrise dari Canopy Walk.

canopy walk brunei

Pagi hari kami sudah bersiap setelah sebelumnya sarapan ringan di Resort. Jam 5:15 pagi kami memulai Trekking. Trail menuju Canopy Walk tidak terlalu sulit namun butuh kehati-hatian dan wajib membawa senter. Berawal dengan melintasi jalan tanah di dalam hutan sekitar 200 meter. Lalu dilanjutkan dengan jalan menanjak menapaki 900 anak tangga.

Sunrise bisa dilihat pada jam 6:30 – 7:00 (waktu Brunei). Tepat jam 6 kami sudah tiba di bagian bawah Canopy Walk dan siap untuk memanjat ke bagian paling atas Canopy Walkway.  Semangat !!

canopy walk ulu ulu temburong

Konstruksi Canopy Walkway terbuat dari besi. Terdapat 5 buah Tower dengan ketinggian 50 meter dari tanah.  Tiap Tower berbentuk seperti kandang dengan tangga zig zag hingga ke bagian atas.

Perjuangan menaiki tangga ini berbuah manis setelah kita sampai di puncak !

FISH SPA & MINI WATERFALL

Setelah makan pagi, aktivitas terakhir sebelum check out adalah menikmati Fish Spa di area Mini Waterfall yang tidak jauh dari Resort.

Fish spa ulu ulu temburong

Setelah makan siang, kami check out dari Ulu Ulu Resort dan kembali ke Bandar Seri Begawan.

HARI KELIMA : Heading to Airport

 

WHAT YOU SHOULD KNOW

  1. Mata uang yang berlaku di Brunei : Singapore Dollar (SGD) dan Brunei Dollar (BND)
  2. Pemegang Passport RI tidak membutuhkan Entry Visa ke Brunei. Ijin tinggal 14 hari
  3. Bahasa Pengantar : Bahasa Melayu dan Inggris
  4. Praying Time : Setiap Jumat  dari jam 12 – 14, seluruh kegiatan dihentikan
  5. Perbedaan waktu dengan Jakarta : Brunei 1 jam lebih awal
  6. Koneksi WIFI hanya tersedia di dalam Hotel dan Airport (TelBru)

BOOK YOUR ACOMMODATION

  1. Booking ticket online https://www.flyroyalbrunei.com
  2. Bus & Guide : Ms Christine +673 8992371 (whatsapp) / angelachristine87@gmail.com (bahasa Indonesia / Inggris)
  3. Trip Ulu Ulu Temburong by Royal Brunei Holidays email to Hkgres@rba.com.bn

 

 

6 thoughts on “Explore Brunei & Ulu Ulu Temburong 5D/4N”

    1. Hello Bapak Gusti, Ground costnya karena kita sewa bus dan di bagi rame2, jadi murah sekali di transport, kalo misalnya pergi sendiri kemana-mana naik taxi bisa lumayan, fyi naik taxi sekali jalan (jarak 20menit) sekitar BD10/sekali jalan, kalau makanan gak mahal, yang terkenal Nasi Katok (porsi kecil buat cemilan saja) hanya BD1/porsi, tapi rata2x makanan murah.
      Yang paling mahal di trip ini sih yang ke Ulu Ulu temburong pak….(gak enak sebut harganya) tapi bisa ke webnya langsung : https://www.uluuluresort.com/, buat liat harga paketnya (karena ini kita gak bisa pergi sendiri)
      untuk tanya2x cost detail di dalam kota, saya bisa rekomen dan bisa tanya2 dulu ke : Ms Christine +673 8992371 (whatsapp) / angelachristine87@gmail.com (bahasa Indonesia / Inggris)

  1. hallo mas, aku kebetulan lagi rencanain mau ke brunei akhir tahun ini dan mau nyempetin ke ulu ulu temburong solo juga. klo boleh tau, paket tur yang mas pake dapet per pax-nya berapa yah? aku mau kalkulasiin karena biasanya klo solo traveling tour beginian pasti ada extra charge-nya. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *