Exploring Taipei in 2 Days

Trip ke Taipei (Taiwan) ini adalah trip yang pertama buat kami. Kami rencanakan 2D2N di sini. Jarak Hongkong ke Taipei cukup dekat, hanya 1 jam 50 menit dari Hongkong.

Again…kami ambil penerbangan malam, karena Jumat Andri masih kerja.  Penerbangan kami sempat delay 1 jam karena cuaca buruk di Taipei. Akhirnya kami baru tiba di Taipei Airport (Taoyuan International Airport) jam 1 mid night dan kami memesan pick up service dari Hotel.

YEHLIU GEOPARK

Sabtu pagi di Taipei…. backpacker style, kami bepergian dengan transportasi umum. Hari ini kami ingin mengunjungi Yehliu Geopark.

Pertama yang kami lakukan, mencari convenient store untuk membeli Ticket Pass. Starter pack NT$ 100 dan untuk 2 hari kami isi uang NT$ 200.

seven eleven

Setelah itu kami segera jalan kaki menuju Taipei Main Station (MRT), dan yang paling menarik ternyata ada counter informasi dengan bahasa Indonesia di Taipei Main Station ini, yang bisa kita temui di bagian main hall dekat dengan bus station.

taipei layanan bahasa

Yehliu Geopark berjarak 1,5 jam dari pusat kota Taipei. Berada di Wanli district yang merupakan sebuah tanjung yang langsung menghadap laut. Kami naik bus nomor 1815 dari Terminal Bus yang berada di area Taipei Main Station. Harga tiket bus NT$ 96 / orang / way (tiket bisa dibayarkan ke sopir bus). Bus-nya full AC, sangat nyaman, bersih dan dilengkapi FREE WIFI !

yehliu geopark

Tiba di Bus Stop Yehliu, kami jalan kaki 600 meter menuju gerbang Yehliu Geopark. Di kiri kanan jalan  banyak restoran seafood, kiosk minuman juice dan minuman bubble ciri khas Taiwan, convenient store dan juga kapal-kapal nelayan yang sedang merapat.

Tidak lama kami jalan kaki, kami  tiba di Gerbang Yehliu Geopark dan menuju ticket counter.  Harga tiket masuk untuk dewasa NT$ 80 / orang.

yehliu geopark

Yehliu Geopark merupakan salah satu spot yang terkenal di Taiwan karena keunikan batu-batu alamnya. Tiap batu memiliki nama yang disesuaikan dengan bentuk-nya. Untuk melihat kemiripan batu-batu itu, pengunjung harus menggunakan imajinasinya. Batu yang paling terkenal dan menjadi icon Yehliu adalah QUEEN’S HEAD. Dari samping, batu ini sangat mirip dengan kepala, wajah dan leher Queen sehingga dinamakan Queen’s head. Batu lain juga memiliki nama yang khas seperti CUTE PRINCESS, FAIRY’S SHOE, BEEHIVE, GINGER ROCKS, MUSHROOM ROCK dan SEA CANDLES.

queen head

Di Yehliu Geopark, Pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di kios yang terletak di dekat tiket counter. Oleh-oleh khas-nya ada makanan dan asesoris dari batu. Kita bisa temukan abon ikan, snack juhi, aneka daun teh kering, minuman jahe, hasil laut yang dikeringkan seperti ikan asin, udang kering, dll.

Dua jam kami menikmati Yehliu, lalu kami berkeliling lihat-lihat kios oleh-oleh dan kemudian memutuskan kembali ke Taipei untuk mengunjungi Night Market.

RAOHE STREET NIGHT MARKET

Berkunjung ke Taipei kalau tidak ke night market rasanya belum sah ! Ada sekitar 10 night market di Taipei, mulai yang areanya besar sampai yang kecil.

RAOHE STREET NIGHT MARKET

Raohe Street night market ini adalah yang tertua di Taipei. Ratusan kios dengan ratusan jenis makanan ada disini, membuat suasana night market menjadi sangat sibuk dan pastinya meriah banget.

RAOHE STREET NIGHT MARKET

Mulai dari kios beef noodle, mie, buah potong, bakpao, minuman bubble, kue, snack, bahkan kios ikan hias pun ada disini !

RAOHE STREET NIGHT MARKET

Harga makanan terbilang murah, mulai dari NT$ 15 /pc (sama dengan Rp 6.000)

Pas kami tiba disini, hujan turun namun tidak menghalangi para pengunjung untuk mencari makanan kesukaan mereka.  Happy Hunting !!

night market taipei

Lokasinya di Songshan District, Green line (G 19) Songshan MRT Station, exit 5. Ambil ke arah kanan, dan jalan beberapa langkah sudah terlihat night market ini. Jam operasional 5 pm – 11 pm.

Hari kedua di Taipei….. Minggu pagi ini jam 7 kami sudah meninggalkan hotel, menuju Elephant Mountain Hiking Trail untuk foto Taiwan skyscraper :  Taipei 101. Karena kami agak ragu dengan lokasi hiking trail ini dan juga agar tidak kesiangan tiba di lokasi, maka kami pilih naik taxi.    Tapi ternyata sopir taxi-nya pun kurang tahu dengan lokasi ini jadi kami turun di tempat yang “salah”. Kami berbalik arah mengikuti petunjuk Google Map dan akhirnya kami menemukan tempatnya ! 

elephant hill

Elephant Mountain Hiking Trail dikenal oleh warga sekitar dengan nama Xiangshan Beixingbao Temple Trail and Yishiantian Trail. Dapat dijangkau dengan MRT, Xiangshan Station, Red line (R 02) exit 2. Dilanjutkan dengan berjalan kaki 10 menit ke lokasi Trail.

elephant mountain 101 taipei

Hiking trail-nya tidak sulit namun karena anak tangga-nya menanjak jadi cukup melelahkan. Kami mulai hiking jam 8 dan karena masih pagi jadi belum terlalu ramai pengunjung, sehingga kami pun puas meng-capture Taipei 101

elephant mountain 101 taipei

Di Trail ini terdapat 2 buah spot untuk melihat Taipei 101 dan pemandangan kota Taipei.

CRAVING BEEF NOODLE IN TOWN

Beef Noodle adalah makanan khas Taiwan.  Ciri khas Beef Noodle adalah daging sapi yang sangat lembut dicampur dengan urat (tendon). Kuah Beef Noodle ini ada yang pedas dan tidak pedas.

YONG KENG BEEF NOODLE

TAIWAN BEEF NOODLE

Yong Kang Beef Noodle Restoran merupakan yang tertua dan sudah dikenal oleh warga setempat  dan turis asing. Untuk bisa makan disini, kami harus antri selama  15-20 menit. Jam operasional 11 am – 3:30 pm

Menu utama yang menjadi andalan Yong Kang adalah Beef Noodle dan side dishes-nya. Side dish favorit pengunjung adalah steam pork intestine with rice yang dibawahnya terdapat beberapa potong ubi rebus.

TAIWAN BEEF NOODLE

Lokasi Yong Kang Beef Noodle, Yong Kang Street.  Dongmen MRT Station, Red line (R 07), exit 5, ambil ke arah kanan.

NATIONAL CIANG KAI SHEK MEMORIAL HALL

Memorial Hall ini merupakan Icon Taiwan, didirikan untuk mengenang Presiden Chiang Kai Shek.

CIANG KAI SHEK MEMORIAL HALL

CIANG KAI SEK MEMORIAL HALL

Lokasinya  di Zhongzheng District. Chiang Kai Shek Memorial Hall MRT Station, Red line (R 08)

SHIDA NIGHT MARKET

Shida night market juga salah satu recommended night market di Taipei. Selain kios makanan, disini kita bisa menemukan toko-toko fashion, toko mainan, toko asesoris, cafe-cafe unik khas anak muda.

taipei night market

Suasana di Shida agak berbeda dengan Raohe Night Market. Jika kamu punya waktu lebih di Taipei, tidak ada salahnya mengunjungi Shida ini.

Lokasi Shida Night Market, MRT Taipower Building Station, Green Line (G 08), exit 3

WUFENPU CLOTHING OUTLET

Ingin mencari fashion terbaru ? Bisa mengunjung Wufenpu Clothing Outlet, berada di sebuah area outdoor. Kiri kanannya menjual fashion anak muda dan wanita dewasa. Harga satuan mulai NT$ 200 / pc

Lokasi di seberang Raohe Night Market. MRT

wufengpu

YOU NEED TO KNOW :

1. Visa yang dibutuhkan : Visa Taiwan (bila mempunya visa Australia, Canada, Japan, Korea, New Zealand, Schengen, the United Kingdom, USA yang masih valid, bisa dengan mudah apply ROC Travel Authorization Certificate).

2. Penyewaan Locker untuk Luggage bisa didapatkan di setiap Metro Station

3. Mata uang Taiwan : NT$ atau TW$

4. Di semua Metro Station di Taipei dilengkapi dengan WC Umum yang bersih dan terawat

5. Transportasi Airport – Down town (dan sebaliknya) dengan Airport MRT. Tiket per orang NT$ 160, perjalanan sekitar 30 menit

airport train taipei

See Also :

Sleeping at Taiwan Taoyuan International Airport (TPE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *