Exploring VIETNAM (Hanoi, Halong Bay, Sapa, Ninh Binh) in 7D/6N

Hello Teman-teman semua…. Selamat Tahun Baru 2018.

Kangennn sudah lama ga nulis-nulis di Blog days2explore…. Mengawali Tahun Baru ini days2explore (Andri dan Villen) bersama 2 sahabat kami meng-explore daerah Vietnam Utara.
Trip ini lain dari yang lain! Persiapannya sekitar 6 bulan, padahal biasanya Andri dan saya selalu merencanakan trip-trip kami dadakan hahaha…

Setelah surfing, searching, budgeting etc etc…. akhirnyaa this is it !

5 Januari 2018  Kami berempat berkumpul di Soeta Airport, naik Air Asia depart jam 06:15 pagi menuju Kuala Lumpur, transit sejenak dan melanjutkan penerbangan ke Hanoi.  Kami touched down Noi Bai International Airport jam 2 siang.

Day 1

Kami dijemput di Arrival Hall dan langsung menuju Hotel. Sekitar 45 menit, kami tiba di Amorita Boutique Hotel, lokasinya di Hoan Kiem district.

HOAN KIEM LAKE

Berjarak 5 menit jalan kaki dari hotel kita sampai di old district yang merupakan lokasi Hoan Kiem Lake, salah satu Icon  kota Hanoi.

HANOI

HANOI

Hoan Kiem district adalah hectic downtown-nya Hanoi, disini kita bisa temukan banyak hotel, travel agency, coffee shop, bar, restaurant, toko souvenir, food street, mini factory outlet, ATM, pasar malam dll, semuanya bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

HANOI

hanoi

Temperature di Hanoi pada bulan Januari  sangat sejuk cenderung dingin terutama pada pagi dan malam harinya. Pastikan teman-teman memakai jaket dan syal.

hanoi hoan kiem lake

Dinner hari pertama kami mencicipi Bún chả  di  restoran Hương LiênRestoran ini menjadi terkenal sejak Barack Obama dan Anthony Bourdain pernah makan disini pada Mei 2016, dan memang menurut kami cita rasa Bun Cha disini yang paling enak dibandingkan yang lain.

BUN CHA HANOI

BUN CHA OBAMA HARGA PRICE

Masih ingin menikmati malam hari di sekitar Hoan Kiem district, tidak sengaja kami menemukan toko es krim Kem Tràng Tiền . Didorong oleh rasa penasaran karena banyak warga lokal yang antri membeli, kami pun ikut antri.  Rasa es krim-nya terbilang biasa saja, namun cukup populer di Hanoi karena termasuk salah satu toko tertua yang berdiri sejak tahun 1958 !

KIEM TRANG TIEN ICE CREAM

Malam hari daerah Hoan Kiem district khususnya pada Jumat malam, jalanan utama ditutup untuk kendaraan bermotor, sehingga banyak warga lokal secara berkelompok melakukan aneka aktivitas di sepanjang jalan.

Bagi penyuka jajanan malam, bisa mencoba food street. Duduk ngemper menikmati makanan sambil ditemani Beer Vietnam.

MAKANAN HANOI

Day 2

Pagi ini kami early check out dari hotel karena jam 7:30 kami sudah dijemput oleh Sopir yang siap mengantar kami ke Halong Bay.

Jarak dari Hotel menuju Halong Bay sekitar 3-4 jam. Ditengah perjalanan kami mampir ke Pusat Souvenir untuk Sarapan dan melihat-lihat snack dan souvenir khas Vietnam.

PHO HANOI

Sekitar jam 12:15 kami sudah tiba di Meeting Point Alisa Premier Cruise di Halong Bay. Kami langsung check in dan menunggu antrian masuk ke dalam Cruise.

ALISA PREMIER CRUISE HANOI

Di Alisa Premier Cruise kami menginap satu malam. Kami mengambil paket lengkap dengan aneka aktivitas seperti Hiking di Tip Top Island, Kayaking, Pearl Farm Visit, Mancing Cumi (Squid Fishing), Cooking Class, Tai Chi Class dan mengunjungi Secret Cave.

Surprise di Alisa cruise
Dapat surprise dari Alisa Cruise di dalam kamar kami!

halong bay

COOKING CLASS HANOI

halong bay

Day 3

Cruising Tour dengan Alisa Cruise berakhir pada jam 10:30, setelah paginya kami mengunjungi Secret Cave.

secret halong cave

Sopir sudah menunggu dan siap mengantarkan kami kembali ke Hanoi. Malam ini perjalanan dilanjutkan ke Sapa dengan kereta api.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan kereta, kami mengunjungi Vietnam Museum of Ethnology, salah satu tourist attraction. Di area seluas 4.3 hektar, Turis bisa melihat replika rumah adat suku-suku di Vietnam, Museum dan Water Puppet Show.

Hanoi museum ethnology

Sebelum sunset, kami mengunjungi Pagoda Chùa Trấn Quốc, kuil  Budha tertua di Hanoi, lokasinya di bagian selatan West Lake.

Pagoda Chùa Trấn Quốc

Vietnamese Coffee pasti sudah sangat terkenal, namun di Hanoi ada yang lebih tekenal lagi yaitu Egg Coffee (cà phê trứng), dan tempat yang paling tepat untuk menikmati Egg Coffee adalah di Giảng Cafe, cafe legendaris yang sudah berdiri sejak 1946. Walaupun di dalam kopi mengandung telur, namun saat menyeruput sama sekali tidak tercium aroma amis telurnya.

Egg Coffee yang Legendaris di Giang Café

Dan karena masih ingin menikmati segarnya asam kuah Bun Cha, kami mengunjungi Restoran Bun Cha Ta  tidak jauh dari Giảng Cafe. Bun Cha Ta adalah restoran yang direkomendasikan oleh pihak Hotel, disini kebanyakan pengunjungnya adalah turis mancanegara. Perlu dicatat Bun Cha adalah makanan Non Halal.

Bun cha ta hanoi

Selesai makan di Bun Cha Ta kami menuju Stasiun Kereta Ga Ha Noi. Naik kereta Sapaly Express dari Hanoi menuju Sapa dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Kami booking Sleeper Train untuk 4 orang, dengan ranjang susun. Disediakan toilet dan wastafel diluar kamar.

Backpacking to sapa

Sapaly express hanoi to sapa

Sapaly express hanoi

Bagi teman-teman yang ingin booking tiket kereta bisa menghubungi Ms Lan Nguyen (English speaking) +84 984651542.

Day 4

Dibangunkan oleh bunyi alarm, kami segera berkemas karena jam 6 pagi kereta tiba di Lao Cai staion. Cuaca di Sapa beberapa hari ini diguyur hujan dan berkabut tebal.

 

sapa in mist

Setibanya di arrival hall stasiun kami sudah ditunggu oleh Sopir, lalu mengantarkan kami menuju Golden Villa Sapa Hotel.

Trip ke Sapa ini waktunya sangat sempit, kami hanya day trip karena malamnya  harus kembali lagi ke Hanoi dengan kereta api. Jadi booking kamar hotel hanya untuk sarapan, mandi dan beristirahat sejenak.

Setelah mandi dan beristirahat, kami tinggalkan ransel di kamar lalu berangkat menuju Fansipan. Fansipan merupakan gunung tertinggi di Indo China dengan ketinggian 3143 meter.

fansipan entrance

fnsipan in mist cable car

Sekitar 30 menit kami sudah tiba di Sun World Fansipan Legend.  Dari area parkir mobil, kami jalan kaki menuju ticket office Cable Car, tiket dijual seharga VND 700.000 / orang /return.

fansipan mountain cable car

Dengan kondisi cuaca hujan dan berkabut tebal malah membuat hasil foto kami menjadi sangat unik dan beda, namun kami jadi membatalkan niat untuk menaiki anak tangga menuju puncak Fansipan, sehingga kami memilih naik kereta listrik, tiket dewasa VND 70.000/ orang (naik) dan VND 80.000/orang (turun).

fansipan in mist

at top of fansipan mountan

fansipan in mist

fansipan-cable-car

Di Sapa kuliner yang terkenal adalah daging kuda. Jika teman-teman memiliki cukup waktu bisa mencicipi daging panggang atau hot pot daging kuda.

horse-meat-sapa-hot-pot

Sore harinya setelah makan siang kami menuju Cat Cat Village. Disini adalah perkampungan tertua etnis H’Mong. Kita juga bisa menemukan deretan toko-toko souvenir ciri khas warga setempat,  berfoto mengenakan pakaian adat, menikmati treking dengan pemandangan sawah, air terjun dan sungai.

Tiket masuk Cat Cat Village VND 70.000 / orang.

cat cat village

cat cat village

sapa cat cat village

Holy Rosary Church Or the Stone Church
Holy Rosary Church atau the Stone Church

Selesai mengunjungi Cat Cat Village kami kembali ke hotel untuk mandi dan beristirahat. Jam 6 sore check out dari hotel menuju stasiun Lao Cai. Kami makan malam di seberang stasiun.

Malam ini kereta menuju Hanoi berangkat jam 21:40, tiba Hanoi keesokan paginya sekitar jam 5 pagi.

Day 5

Tiba di Hanoi, sopir sudah menunggu kedatangan kami. Sopir akan mengantarkan kami ke Ninh Binh, 2 jam berkendara dari Hanoi.

Makanan yang identik dengan Vietnam adalah Pho, rice noodle dengan kuah dan irisan daging. Pho ini rupanya menjadi menu sarapan bagi warga lokal, sehingga pagi-pagi sudah banyak restoran yang berjualan.

Di tengah perjalanan menuju Ninh Binh kami berhenti sejenak untuk sarapan Pho. Kuah hangat Pho dan secangkir kopi Vietnam mampu menghangatkan tubuh dari hawa dingin pagi ini.

vietnamese coffee hanoi

Sekitar jam 9 pagi kami sudah tiba di Tam Coc Rice Fields Resort.  Walaupun area resort ini tidak luas, namun pemandangan yang ditawarkan sangat memukau. Di belakang hotel terdapat bukit, di depan hotel kita bisa menikmati sawah. Interior dan eksterior kamarnya pun bertema nature yang sangat menyatu dengan alam sekitarnya.

tam coc rice field resort

Spot pertama di Ninh Binh kami mengunjungi Ecotourism Trang An.

Trang An ini adalah lokasi syuting film King Kong.  Ada 2 rute boat trip yang bisa dipilih dan kami pilih rute terpanjang yaitu menyusuri 9 goa dan 3 kuil,  yang kami tempuh dalam waktu 3 jam!

trang an map

trang an boat

Harga tiket Boat Trip ini VND 200.000 / orang. Sebuah boat berkapasitas 4 orang dan 1 orang pendayung boat.

trang an

trang an temple

Selama berada di Ninh Binh cuacanya cukup baik, tidak ada hujan, sejuk dan sedikit berawan.

Setelah selesai dengan boat trip kami lunch di restoran berjarak sekitar 10 menit dari Trang An, di daerah ini banyak restoran yang menjual menu daging kambing gunung, makanan khas Ninh Binh, lengkap dengan rice crackers (rengginang).

kambing-gunung-ninh-binh

Namun teman-teman harus berhati-hati agar tidak kaget saat membayar karena di Menu tidak tertulis harganya. Kami pesan 6 macam makanan untuk 5 orang,  total VND 1.200.000 an!

Saran kami, hindari makan di daerah Trang An karena ini daerah pariwisata, kemungkinan restoran lain juga tidak mencantumkan harga pada menu makanan.

Selesai makan siang, kami menuju spot kedua, Hàng Múa.  Sebenarnya Hàng Múa adalah nama sebuah gua, namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah keindahan panorama di puncaknya.  Seluruh kota Ninh Binh terlihat jelas dari sini.

hang mua cave summit peak ninh binh

hang mua peak

Untuk mencapai puncak Hàng Múa, kita harus menaiki ratusan anak tangga, cukup melelahkan namun worth it. Tiap musim menawarkan panorama yang berbeda.

hang mua summit peak

Kami berada di puncak Hàng Múa sampai sunset tiba lalu kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.

hang mua sunset

Day 6

Pagi ini cuaca cukup cerah, setelah sarapan, kami siap Bike Tour mengendarai sepeda yang disediakan oleh hotel, Gratis !  It was so fun karena kami bisa meng-explore daerah di sekitar hotel, menyusuri kawasan permukiman & sawah, menemukan spot-spot yang menarik untuk difoto.

bersepeda di ninh binh

bersepeda di ninh binh

Kami kembali ke hotel menjelang waktu check out dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke destinasi terakhir yaitu Bai Đính Pagoda. 

bai dinh pagoda

Bai Dinh Pagoda adalah religious complex dengan total area 539 hektar, dibangun pada tahun 2003, di dalamnya terdapat beberapa kuil besar dan kecil,  dan ratusan patung Budha di sepanjang koridor bangunan.

ba dinh pagoda temple

Jalan menyusuri setiap sudut di area Bai Dinh Pagoda akan menghantarkan kita ke patung Budha besar, diawali dengan menaiki ratusan anak tangga untuk sampai ke puncak.

Di puncak ini kita pun bisa menikmati keindahan kota Ninh Binh dari angle yang berbeda.

bai dinh pagoda

ba dinh temple

Sekitar jam 4 sore kami melanjutkan perjalanan kembali ke Hanoi. Dan sebelum memasuki kota Hanoi, kami mampir untuk mencicipi makanan khas lokal yaitu Bánh cuốn atau Steamed Rice Rolls.

ban chuon

Hari sudah mulai gelap saat kami tiba di Hanoi, kami langsung menuju Hanoi La storia Hotel.

la storia hotel hanoi

Malam ini adalah malam terakhir Trip Vietnam kami. Kami sempatkan sekali lagi berjalan-jalan disekitar Hoan Kiem Lake, mencari oleh-oleh, menikmati kopi Vietnam di Cong Caphe,  sambil menikmati padat-nya traffic di Hanoi.

chong caphe

chong caphe

Day 7

Early check out pagi ini, jam 6 kami sudah harus berangkat menuju airport untuk kembali ke Jakarta via Kuala Lumpur. Sarapan take away sudah disiapkan oleh pihak hotel, Thank You La Storia Hotel…. your service and room are outstanding !

la storia hotel hanoi

 

WHAT YOU SHOULD KNOW

  • Mata uang yang berlaku di Vietnam : Vietnamese Dong (VND) dan beberapa toko besar terima US Dollar.
  • 1 VND = Rp. 0.6,- (January 2018)
  • Pemegang Passport RI tidak membutuhkan Entry Visa ke Vietnam. Ijin tinggal 30 hari
  • Bahasa pengantar : Vietnam (saran : aktifkan google translate)

BOOK YOUR ACCOMMODATION

See Also :

Adrenaline Challenge in Cebu

MENGGAPAI BLUE FIRE KAWAH IJEN

2 thoughts on “Exploring VIETNAM (Hanoi, Halong Bay, Sapa, Ninh Binh) in 7D/6N”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *