ICELAND in 7 days

DAY 1

Tiba di Reykjavik ibu kota Iceland, pesawat mendarat di Keflavik Airport. Lalu kami langsung membeli tiket airport bus transfer  Reykjavik Excursion menuju  Fosshotel Baron  tempat kami menginap selama 2 malam di Reykjavik.

iceland

Setelah tiba di Fosshotel Baron dan selesai check in kamar, saat itu masih sekitar jam 5 sore dan kami memanfaatkan waktu untuk mengunjungi 2 spot yang lokasinya dekat dari Hotel.

Icelandic Phallological Museum

Destinasi pertama kami  adalah Icelandic Phallological Museum  atau Museum Penis,  lokasinya hanya beberapa blok dari Hotel dan cukup berjalan kaki.

Icelandic Phallological Museum merupakan satu-satunya museum penis terlengkap dan terbesar di dunia !  Didirikan tahun 1997, di dalamnya terdapat sekitar 280 koleksi penis manusia,  paus, anjing laut dan hewan mamalia lainnya.

Icelandic Phallological Museum

Hallgrímskirkja

Hallgrímskirkja

Gereja Hallgrímskirkja dibangun untuk mengenang  Pendeta Hallgrímur Pétursson yang menulis lagu pujian terkenal tentang Passion (Passíusálmar). Buku nyanyian pujian ini diterbitkan paling banyak dibanding buku lainnya dan memiliki pengaruh besar terhadap praktek keagamaan di Iceland.

Tepat di halaman depan gereja  ada  patung  Leifur the Lucky (Leifur Heppni). Mengapa disebut Lucky (beruntung)? konon karena dialah yang menemukan benua Amerika 500 tahun sebelum Columbus !

Leifur the Lucky

Jam operasional Gereja Hallgrímskirkja

Winter Opening Hours
(October – May): 09:00 – 17.00
Summer Opening Hours
(June – September): 09:00 – 21:00
Services: Sundays at 11:00

Gereja Hallgrímskirkja di Reykjavik

Tidak hanya memiliki arsitektur dan interior yang menawan, Gereja ini juga memiliki spot di bagian atasnya dimana kita  bisa menikmati pemandangan kota Reykjavik.

Pengunjung yang ingin naik ke spot ini wajib membeli tiket ISK900/orang.

Reyjavik

Menjelang waktu makan malam, kami agak ‘bingung’ ingin makan apa karena kebanyakan restoran disini menunya Western Food, mix cold salad, hot dogs dan burger, mirip dengan apa yang sudah kami santap pada saat transit semalam di Stockholm.

Makanya ketika  kami menemukan restoran Noodle Station dengan menu Pho Vietnam kami sangat excited dan langsung  memesan Beef Noodle (hanya ada 3 pilihan menu disini : Chicken,  Beef or Vegetable Noodle). Kuah Beef Noodle yang hangat dan agak spicy  benar-benar menghangatkan kami dari udara dingin Reykjavik.

Selama beberapa hari disini, restoran Noodle Station menjadi favorite kami untuk lunch / dinner.

noodle station

DAY 2

Kami beruntung sekali  karena lokasi Fosshotel Baron sangat strategis, plus pemandangan laut di depannya (sea view), jadi  pagi hari sebelum breakfast kami sempatkan jalan kaki menuju Sun Voyager.

Sun Voyager 

Sun Voyager (dalam bahasa Iceland disebut Sólfar) adalah sebuah monumen yang didesain menyerupai sebuah kapal uap, untuk menghormati matahari. Lokasinya terletak di sebelah jalan Sæbraut, sekitar 300 meter dari Hotel kami.

Asal mula berdirinya Sun Voyager adalah ketika Jón Gunnar Árnason memenangkan kompetisi patung outdoor untuk merayakan 200 tahun kota Reykjavik. Saat kompetisi tersebut Sun Voyager dibuat dengan ukuran mini berbahan aluminium.

Kemudian pada 18 Agustus 1990 dibuatlah ukuran besarnya, seperti yang kita lihat saat ini. Konstruksinya sangat kokoh, menggunakan stainless steel dan dibawahnya  adalah lingkaran batu granit.

sun voyager

The Golden Circle & Fontana Wellness with Reykjavik Excursion Tour Bus

Karena masih  jet lag dan sedikit lelah akibat long-haul flight, kami putuskan join bus tour untuk menikmati spot-spot di luar kota Reykjavik.  Kami mengambil paket day tripThe Golden Circle“.

Icelandic Horse Farm

Horse Farm ini adalah persinggahan pertama dimana pengunjung bisa berfoto dan berinteraksi dengan kuda-kuda di area peternakan.

icelandic horse farm

Gullfoss Waterfall

Gullfoss adalah air terjun terbesar dan terindah di Iceland ! Kehadiran kami ‘disambut’ oleh indahnya Pelangi tepat di sisi air terjun. Dan ini merupakan pelangi pertama kami di Iceland !   What a lovely view !

 

Geysir

Geysir Icelandic Geothermal Field and Geysers adalah salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Iceland.  Konon Geysir ini  telah aktif selama 10.000 tahun.

Semburan air mendidih dari Geysir ini bersuhu 125 derajat Celcius dan bisa mencapai ketinggian hingga 70 meter! Frekuensi semburan ini ‘biasanya’ tiap 10 menit namun beberapa tahun lalu pernah juga tidak muncul sama sekali selama setahun.

geysir hiking

Thingvellir National Park

Ada yang sangat spesial dari Thingvellir National Park, karena hanya disini satu-satunya tempat di dunia dimana kita bisa berdiri di antara dua benua yaitu benua Amerika dan Eropa !

Tempat ini juga dianggap paling bersejarah karena Parlemen Pertama Iceland terbentuk disini pada tahun 930.

golden circle

Fontana’s Natural Steam Baths

Destinasi terakhir dari trip The Golden Circle adalah mengunjungi Fontana’s Natural Steam Baths.

Ada 2 hal yang sangat menarik disini. Pertama, menikmati Geothermal Baked Bread. Rombongan diajak melihat proses pemasakan roti khas Iceland dengan cara ‘mengubur’ panci berisi adonan  ke dalam pasir panas selama 24 jam.  Di akhir acara, kami pun diajak menikmati kelezatan roti yang sudah matang.

Kedua, menikmati Geothermal Steam Baths. Jika berada di Iceland, jangan lewatkan kesempatan berendam di sumber air panas alami. Di Fontana’s kita bisa menikmati relax-nya berendam air panas baik di danau alami atau di kolam buatan.

Yang harus disiapkan jika ingin berendam hanya pakaian renang, karena handuk dan kebutuhan mandi sudah tersedia di area ganti.

fontana iceland

DAY 3

Pagi ini setelah breakfast kami check out dari Fosshotel Baron. Kami menuju Car Rental Office untuk mengambil mobil yang sudah kami sewa via online. Kami memilih si legendaris Suzuki Jimny, yang akan menemani petualangan dua hari menyusuri South Coast Iceland, sejauh 800 KM dari Reykjavik!

Note : SIM A Indonesia ternyata bisa dipakai untuk sewa mobil disini loh !

Our Icelandic Saga starts from here!

Pertama kalinya mengendarai mobil disini agak  ‘kagok’ karena di Iceland berlaku Left Hand Traffic (posisi stir ada di kiri), tapi untungnya karena suasana jalan menuju South Coast tidak terlalu ramai kendaraan, jadi proses adaptasi menjadi lebih mudah dan cepat.

icelandic saga

Seljalandsfoss

Setelah berkendara sekitar 2 jam (dengan speed santai), tibalah kami di air terjun Seljalandsfoss.

Tidak sulit menemukan air terjun ini, karena lokasinya berada di sisi jalan utama dan juga petunjuk jalannya cukup jelas.

seljalandfoss

Seljalandsfoss adalah salah satu air terjun terpopuler di Iceland. Ketinggian air terjunnya sekitar 60 meter dan merupakan bagian dari Sungai Seljalands yang berawal dari gunung berapi gletser Eyjafjallajökull.

Seljalandsfoss

Salah satu yang menarik dari Seljalandsfoss adalah pengunjung bisa berjalan menyusuri bagian belakang air terjun ini .

Seljavallalaug

Berkendara menuju ‘Secret Pool’ Seljavallalaug cukup challenging buat kami karena satu-satunya patokan untuk mencapai tempat ini adalah: di jalan utama dari arah Reykjavik, belok ke kiri setelah ada petunjuk jalan “Raufarfell 242

Oh ya ! Yang pasti…jika ingin ke secret pool, kita hanya bisa berkendara sendiri, karena tidak ada paket Tour yang menyediakan trip kesini.

Raufarfell

Setelah belok kiri, di ujung jalan, ‘kemungkinan’ ada beberapa mobil parkir, dan dari tempat parkir kita masih harus berjalan menyusuri jalan setapak, melewati sungai kecil. Di sepanjang jalan kita akan bertemu pengunjung lain yang juga ingin kesana, ini tandanya We are on the right track!

Seljavallalaug

Setelah jalan santai sekitar 20 menit (atau sekitar 2.5 KM), sampailah kami di tempat pemandian Seljavallalaug ini. Suasananya cukup ramai saat itu, banyak pengunjung yang berendam di kolam air hangat ini.

Berendam disini gratis, namun tidak ada fasilitas yang memadai. Hanya ada bangunan kecil sebagai ruang ganti.

secret pool

Setelah mengunjungi Seljavallalaug kami melanjutkan perjalanan. Jika merasa lelah dan lapar, sepanjang jalan bisa ditemukan restoran lokal. Disini kita bisa beristirahat sejenak atau ke toilet.

Secret Pool Seljavallalaug

tempat makan iceland

Black Sand Beach

Sebelum memasuki kota Vik, saat itu sekitar jam 3 sore, next stop kami adalah pantai yang paling populer di daerah selatan Iceland, Black Sand Beach. Tidak sulit untuk sampai kesini, karena ada petunjuk jalannya.

Masuk ke kawasan Black Sand Beach tidak dipungut biaya. Ciri khas pantai ini adalah pasirnya berupa batu koral hitam berukuran kecil dan sedang, memiliki tebing dengan columnar shape yang bisa dipanjat jika ingin berfoto disana.

Ombak di Black Sand Beach ini sangat besar jadi cukuplah menikmati suasananya dari tepi pantai.

Black Sand

Ada yang menarik dengan kalimat ini  “Welcome to Iceland ! If you don’t like the weather, just wait five minutes”  kira-kira maksudnya apa ya?

Kalimat tersebut menggambarkan cuaca di Iceland yang bisa berubah setiap saat. Jika sekarang matahari bersinar terik, jangan heran kalau tiba-tiba turun hujan yang cukup deras.

Inilah yang kami alami saat tengah menikmati Black Sand Beach, hingga akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke mobil dan meneruskan perjalanan ke kota Vik.

Tiba di kota Vik, saatnya kami isi bensin. Ini adalah pengalaman pertama kami mengisi bahan bakar dengan self service. Yang harus disiapkan adalah  Kartu kredit yang memakai PIN untuk proses pembayaran.

fuel station iceland

Setelah full tank, kami bergegas melanjutkan perjalanan yang masih sekitar dua jam lagi untuk sampai ke Jökulsárlón, agar bisa tiba disana sebelum sunset.

lava

Dalam perjalanan menuju Jökulsárlón, kami melewati hamparan padang lava beku vulkanik yang sangat luas di kiri dan kanan jalan.

Jökulsárlón

Tepat sebelum matahari terbenam, kami akhirnya tiba di Jökulsárlón ! Yeay senangnya !!

Jökulsárlón

Tidak banyak yang bisa dilakukan disini karena suasana sudah mulai agak gelap. Dan karena sudah lelah juga dengan perjalanan panjang hari ini, kami akhirnya menuju Hali Country Hotel  yang hanya berjarak 10 menit dari Jökulsárlón.

Setelah check in Hotel, kami langsung menuju restoran untuk menikmati dinner dan selanjutnya beristirahat untuk mengumpulkan energi lagi.

hali country hotel iceland

DAY 4

Hari ini kami mengawali aktivitas lebih pagi, tujuan kami kembali ke area Jökulsárlón. First stop di Diamond Beach.

Diamond Beach

Lokasinya tepat di seberang jalan masuk area Jökulsárlón, tidak ada biaya masuk (Free), baik di Diamond Beach maupun di Jökulsárlón.

Karena waktu masih pagi (sekitar jam 7 am local time) baru ada satu dua orang selain kami di Diamond Beach ini, jadi kami bisa puas-puasin berfoto dan menikmati indahnya bongkahan es  yang tersebar di sepanjang garis pantai.

diamond beach

diamond beach

Jökulsárlón

Masih belum puas karena kemarin hanya sebentar berada disini, kami kembali lagi pagi ini ke Jökulsárlón, hanya menyebrang jalan utama dari lokasi Diamond Beach.

View yang kami dapat pagi ini berbeda dengan view kemarin sore, apalagi dengan munculnya pelangi tepat di depan kami!

Disini juga merupakan lokasi yang menjadi pilihan pengunjung jika ingin bermalam di dalam mobil / Camper Van karena tersedia fasilitas toilet umum di area parkir.

diamond beach

Vik City 

Setelah puas menikmati Diamond Beach dan Jökulsárlón kami kembali ke Hotel untuk sarapan dan check out.

Selanjutnya kami berkendara untuk kembali ke Reykjavik, melewati Vik City. Disini terdapat Rest Area yang cukup besar, lengkap dengan restoran, supermarket, toilet dan pom bensin.

Jangan lupa jika berada di Vik, sempatkan mengunjungi atau sekedar berfoto di Gereja Vik “Vik i Myrdal Cruch” yang letaknya di atas bukit, dimana kita juga bisa melihat pemandangan seluruh kota Vik dari tempat ini.

vik

DC-3 Plane Wreckage 

Satu lagi tempat yang tidak ada di tujuan wisata bila ikut group tour, yaitu lokasi jatuhnya pesawat Amerika DC-3 lengkap dengan rangka pesawatnya.

Untuk menemukan lokasi ini tidak terlalu sulit. Setelah melewati kota Vik (ke arah menuju Reykjavik), akan terlihat beberapa mobil parkir di tepi  kiri dan kanan jalan, dan di sisi kiri ada sebuah pintu kecil yang di kunci dengan rantai besi (keadaan bulan September 2016). Ini adalah pintu masuknya.

Dc-3 Plane Wreckage

Di tempat ini juga tidak dipungut biaya masuk. Dari tempat parkir, setelah melewati pintu masuk, kita masih harus berjalan kaki sekitar 4 KM satu kali jalan, total 8 KM pulang pergi untuk mencapai lokasi Plane Wreckage!

Lokasi Jatuhnya Pesawat Amerika DC-3

Sepanjang jalan menuju Plane Wreckage tidak disediakan tempat berteduh, jadi pastikan memakai windproof dan waterproof jacket untuk mengantisipasi apabila tiba-tiba hujan turun disertai angin kencang, yang biasa terjadi di daerah ini.

Skógafoss

Setelah selesai di Plane Wreckage kami melanjutkan perjalanan menuju Skógafoss. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena terlihat dari pinggir jalan. Ini merupakan salah satu air terjun terbesar di Iceland, lebarnya mencapai 25 meter dan tinggi 60 meter.

Konon salah seorang  Pemimpin suku Viking yang tinggal di daerah ini memendam harta karun di dalam gua yang terletak di belakang air terjun Skógafoss. Percaya atau tidak ?

Skógarfoss

Bubble Camping at BUUBLEE

Malam ini, kami akan menginap di Bubble Camping yang sangat unik dan terbilang baru di Iceland. Harga untuk menyewa ‘tenda’ unik ini lumayan mahal dan karena jumlahnya terbatas jadi harus booking dari jauh-jauh hari sebelum trip Iceland ini.

Saat booking, tinggal satu pilihan saja yang tersedia yaitu type Valdis (berbentuk seperti bola)

Saat kami tiba di tempat ini hari sudah malam. Lokasi Buublee berada di daerah terpencil dan di tengah hutan yang gelap. Walaupun tanpa adanya sign Buubble Hotel dan petunjuk jalan yang jelas (belum ada di google map saat itu, bulan September 2016), akhirnya kami bisa sampai di sini.  Proses check-in nya pun singkat, langsung dengan Owner yang kebetulan masih berada di lokasi.

Saat kami menginap disini, keadaannya masih belum 100% sempurna, terutama toiletnya masih menggunakan dry toilet. Dikarenakan  fasilitas kitchen dan toilet permanennya belum jadi,  kami mendapatkan refund 25% dari Owner-nya.

Big Wish kami malam ini adalah bisa melihat Aurora Northern Lights dari dalam Bubble, namun ternyata kami belum beruntung. Tetapi kami tetap FEEL EXCITED karena bisa merasakan tidur di bawah sinar bulan dan taburan bintang.

DAY 4

Pagi harinya, kami merapikan isi tenda dan meninggalkan area Buubble ini (tidak ada proses check out). Tapi sebelumnya seperti biasa, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di bubble sebelah.

buubble iceland

Overall pengalaman pertama menginap di Bubble ini benar-benar unforgettable!  Mulai dari perjalanan menuju tempat ini, tidur di tenda unik dengan pemandangan taburan bintang, sambil kedinginan juga…..


Selanjutnya adalah perjalanan pulang menuju Reykjavik. Setibanya di Reykjavik, kami langsung mengembalikan mobil ke car rental office.  Lalu kemudian check in di hotel kami yang baru  Guesthouse Borgartún.  Kami sempatkan beristirahat sejenak karena semalam tidak cukup tidurnya.

Blue Lagoon

Sore harinya setelah agak segar, kami join bus tour ke Blue Lagoon.  Blue Lagoon adalah kolam Geothermal yang paling terkenal.  Ini adalah  spot yang ‘WAJIB’ dikunjungi jika berada di Iceland !

Disini pengunjung diberikan mud mask gratis yang dioleskan di wajah, fungsinya untuk menghaluskan kulit.

DAY 5

Awalnya hari ini kami berencana untuk Snorkeling di Silfra, tetapi karena hujan turun sejak malam sampai pagi ini, kami terpaksa membatalkannya. Sehingga pagi hari kami masih leyeh-leyeh di Hotel,  menjelang lunch time kami baru keluar untuk mencari makan.

Berjalan keluar Hotel, kami lihat di Hotel sebelah sedang diparkir beberapa unit sepeda yang bisa disewa, lalu kami berpikir untuk menyewa 2 unit sepeda agar bisa berkeliling kota Reykjavik.

bersepeda islandia

HARPA

Destinasi pertama kami adalah Gedung Harpa yang merupakan salah satu Landmark di Reykjavik.  Tampak luar gedung Harpa ini sangat unik dan terkesan modern, didominasi kaca berwarna hijau. Fungsi gedung ini adalah sebagai tempat konser, pameran arts dan performing arts.

harpa building

HARPA

Hot Dog Bæjarins Beztu

Dari Gedung Harpa kami  mencari kios Hot Dog Bæjarins Beztu yang paling terkenal di Iceland. Kios ini berdiri sejak tahun 1937 !

Lokasi kios ini tidak terlalu sulit ditemukan. Dari Gedung Harpa kami menyebrang jalan, dan melihat antrian panjang orang-orang, disitulah tempatnya !

hot dog iceland

Setelah menikmati Hot Dog legendaris ini, kami kembali bersepeda menuju City Hall dan spot lain, sampai ke Gereja Hallgrímskirkja dan disekitarnya hingga sore hari. Dan kembali mengunjungi restoran favorite kami Noodle Station  untuk makan malam! Slurpp….

cyling in reykjavik

DAY 6

Itinerary hari ini adalah one day trip ke Akureyri, kota terbesar kedua di Iceland yang terletak di utara.

Jam 05:30 dengan taxi kami menuju Airport Domestic Reykjavik yang hanya berjarak 10 menit dari Hotel.

Sesuai jadwal  jam 07:10 take off dari Reykjavik Airport  dengan pesawat kecil  baling-baling AIR ICELAND (NY112) menuju Akureyri.

 

Akureyri

Hanya sekitar 45 menit, kami sudah sampai di Akureyri Airport, dan kami langsung disambut oleh tour guide yang merangkap sopir. Di dalam bus kecil ini, kami juga bersama dengan 8 orang turis lainnya.

akureyri

Goðafoss Falls

Goðafoss (The Waterfall of The Gods) adalah stop pertama kami,  merupakan air terjun terbesar di utara Iceland, dengan lebar sekitar 30 meter.

Dalam sejarah, tahun 999 seorang yang bernama Þorgeir menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi di Iceland. Untuk memperingati moment tersebut, dia melemparkan beberapa patung Pagan ke dalam air di Goðafoss fall ini, dan menjadikan Goðafoss sebagai situs simbolik agama Kristen di Iceland.

godafoss fals

Dimmuborgir Lava Formations

Bentuk batu-batuan disini benar-benar unik dan menarik, ada yang di sebut “Dark Castle”, “Dark Fort”,  bahkan ada juga yang menyerupai bentuk kepala Trolls !

Dimmuborgir

Lake Mývatn

Lake Mývatn

Danau Myvatn adalah spot favorit kami disini. Tidak hanya danau yang indah tapi semua keajaiban alam disekitar danau sangat menakjubkan!

lake myvtan

Hverir

Hverir adalah daerah panas bumi  di kaki pegunungan Namafjall,  disini terdapat sumber belerang dan lumpur mendidih. Harus berhati-hari selama berada di dalam area ini, karena jika salah pijak bisa menginjak lumpur panas.

Kesan yang kami dapat saat berada di Hverir seperti berada di luar planet bumi!

Hverir

Hverir

Grjotagja

Grjotagja

Grjotagja ini juga salah satu Hot Spring alami, namun ukurannya tidak besar. Untuk masuk ke dalamnya harus melalui lubang seukuran 2 badan orang dewasa.

Yang perlu kamu tahu, tempat ini  merupakan salah satu lokasi syuting film “Game of Throne”.

Víti Crater

Víti Crater sering di sebut “Kawah Neraka”, Viti berarti ‘neraka’ (dalam bahasa Iceland), merupakan kawah vulkanik yang terbentuk pada tahun 1724 oleh letusan uap vulkanik. Danau berwarna tosca dan jalan yang mudah dijangkau di tepi kawah menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot fotografi di sekitar  kawasan Danau Mývatn.

viti crater

Mývatn Nature Baths

Tidak jauh dari Danau Myvatn juga terdapat  “versi Utara-nya” Blue Lagoon, Mývatn Nature Baths. Ukurannya lebih kecil dibandingkan Blue Lagoon, tidak terlalu ramai turis dan sangat nyaman untuk relaksasi sambil berendam air hangat. Tempat ini menjadi salah satu kolam Geothermal terbaik di Iceland.

Mývatn Nature Baths adalah spot terakhir di one day trip ini.  Selanjutnya sopir mengantarkan kami ke pusat kota Akureyri.

Mývatn Nature Baths

Mývatn Nature Baths

Akureyri

Sambil menunggu penerbangan pulang ke Reykjavik, kami masih mempunyai banyak waktu untuk explore pusat kota Akureyri. Karena kota-nya tidak terlalu besar, jadi tidak butuh waktu lama disini. Setelah puas berkeliling, kami berjalan kaki menyusuri tepi dermaga hingga menuju airport.

AKUREYRI

DAY 7

Hari terakhir kami di Iceland. Sebelum check out dari Hotel, kami sempatkan pergi ke supermarket terdekat untuk membeli beberapa oleh-oleh. Tepat jam 10:30 kami dijemput Airport Bus Transfer Reykjavik Excursion  menuju Keflavik Airport.

kevlavik airport

 

Till we meet again….ICELAND ! We do love 3 times Nature Baths, 10 Rainbows, 800 KM Self-drive, Delicious Beef Noodle and THANK YOU to let us enjoy your breathtaking view for  FREE !! 

3 thoughts on “ICELAND in 7 days”

  1. Hello ,

    I saw your tweets and thought I will check your website. Have to say it looks very good!
    I’m also interested in this topic and have recently started my journey as young entrepreneur.

    I’m also looking for the ways on how to promote my website. I have tried AdSense and Facebok Ads, however it is getting very expensive.
    Can you recommend something what works best for you?

    Would appreciate, if you can have a quick look at my website and give me an advice what I should improve: http://janzac.com/
    (Recently I have added a new page about FutureNet and the way how users can make money on this social networking portal.)

    I have subscribed to your newsletter. 🙂

    Hope to hear from you soon.

    P.S.
    Maybe I will add link to your website on my website and you will add link to my website on your website? It will improve SEO of our websites, right? What do you think?

    Regards
    Jan Zac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *