ITINERARY 8D/7N – GANGSU & XI’AN

Exploring China memang tidak akan pernah ada akhirnya, selalu saja ada spot-spot wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi karena China memiliki 4 musim, yang mana tiap musim menawarkan keindahan yang berbeda-beda.

Pada minggu ketiga dan keempat bulan April lalu kami melakukan Trip ke beberapa kota di Gangsu Province (China bagian Utara). Mulai dari merasakan hujan salju di Qinghai pada ketinggian 3700 meter hingga menyusuri Gurun Gobi di Dunhuang!

Perjalanan 8D/7N berawal di kota Xining dan berakhir di kota Xi’an, total 6 kota, mengunjungi lebih dari 10 spot dengan peserta 8 orang dewasa!

Setiap kota yang kami kunjungi dalam Trip ini akan kami ceritakan lengkap di Blog Days2explore.

Day 1 : XINING

Xining Local food blog noodle

Dari Hong Kong ke Xining pesawat transit beberapa jam di Wuhan. Hari sudah malam saat kami tiba di Xining, sehingga yang bisa kami lakukan adalah  mencari resto lokal untuk makan malam.

Kuliner pertama dan wajib dicoba adalah Sate Kambing. Restonya sederhana, terletak di pinggir jalan dekat masjid terbesar di kota Xining, Dongguan Grand Mosque. Resto ini satu-satunya yang masih ramai pengunjung pada malam itu.

Menu yang wajib dipesan adalah : Sate Kambing dan Buntut Sapi Panggang.

Xining Local food

Selesai makan, kami menuju hotel untuk beristirahat karena besok pagi perjalanan panjang ke Qinghai sudah menanti.

Hotel : Sofitel Xining

Alamat : No.63, West Wu Si Road, Chengxi District, Xining

Sofitel Xining Hotel review

Day 2 : XINING – QINGHAI (heima river)

Pagi hari sekitar jam 9 kami sudah check out hotel. Kuliner kedua adalah sarapan Halal Mie Lanzhou tidak jauh dari Hotel.

Xining Local food blog noodle

Disini Homemade mie-nya langsung dibuat pada saat ada pesanan. Dengan konsep Open Kitchen, pengunjung bisa melihat bagaimana mie dibuat mulai dari adonan, lalu dough dibuat mie, mienya direbus hingga tersaji di mangkok.

Ada 2 jenis mie rebus yang bisa dipesan : mie dengan kuah dan mie tanpa kuah. Tersedia juga aneka side dish untuk menemani makan mie Lanzhou ini.

Setelah sarapan kami berangkat ke Qinghai, sekitar 4 jam berkendara dari Xining. Tiba sekitar jam 2 siang di daerah Heimahe.

xining to qinghai

Hotel : Cuican Xingcheng Hotel, Qinghai Lake, Heima River

Hotel di Qinghai yang kami booking adalah yang paling bagus di trip.com namun ternyata keadaan riilnya sangat jauh dari ekspektasi.

Qinghai lake Blog

Setelah check in kami makan siang di restoran dekat hotel. Karena bulan April ini adalah  low-season di Qinghai, jadi banyak restoran yang tutup sehingga tidak banyak pilihan makanan yang tersedia.

Kejutan siang ini…waktu menunggu pesanan makanan, tiba-tiba turun hujan salju! Walaupun hanya salju tipis yang langsung mencair tapi rasanya senang sekali karena ga nyangka masih ada salju di bulan April !

Informasi dan tips untuk teman-teman jika berada di Qinghai :

1. Di China bagian Utara,  makanan didominasi oleh daging kambing yak. Untuk teman-teman Muslim, tidak perlu kuatir karena disini banyak Resto yang menyajikan menu halal
  2. Altitude di Qinghai mencapai 3700 meter (above sea level), sebagian orang bisa mengalami Altitude Sickness dengan gejala mual, pusing, sesak nafas. Untuk mengatasinya ada obat yang bisa diminum sebelum tiba di tempat ini atau bisa juga membeli Oksigen kalengan yang tersedia di hotel.
  3. Bulan April di Qinghai, siang hari-nya lebih panjang. Jam 8 malam langit baru mulai gelap. Sunrise-nya jam 6 pagi (jadwal sunrise tiap harinya bisa dilihat di lobby hotel).Qinghai lake Blog

Day 3 : QINGHAI – CAKA SALT LAKE – QINGHAI lake – XINING

Beruntung sekali pagi ini kami bisa menikmati sunrise jam 06:23, namun karena suhu diluar dingin (mencapai 0 derajat) jadi kami nikmati sunrise dari jendela kamar saja.

Qinghai lake Blog

Hari ini kami akan ke Caka Salt Lake. Perjalanan dengan mobil sekitar 1,5 jam. Dan ternyata semalam turun salju, jadi sepanjang jalan kami melihat puncak gunung semuanya putih tertutup salju.

Qinghai to Chaka salt lake

Di tengah jalan kami stop di sebuah padang luas yang permukaannya putihhh semua. Kami turun untuk berfoto sejenak.

Qinghai lake Blog

Tiba di Caka Salt Lake, kami membeli tiket masuk per orang RMB 155 (tiket masuk + tiket kereta PP). Ada potongan harga 50% untuk lansia, cukup dengan menunjukkan Passport.

Untuk sampai ke Salt Lake bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik kereta, kami pilih naik kereta untuk menghemat waktu.

Qinghai to Chaka salt lake

Caka Salt Lake merupakan salah satu tambang garam terbesar di dunia, terletak di altitude 3.059 meter dan sering juga disebut “Mirror of the sky”.

Mengapa disebut Mirror of the sky ? Foto-foto ini buktinya…

Sekitar jam 1 siang kami sudah meninggalkan Caka untuk kembali ke Hotel dan check out.

Destinasi selanjutnya, Qinghai Lake!

Qinghai Lake adalah danau air asin terbesar di China. Luasnya mencapai 4.000 km, sehingga hampir seluruh kota dilalui oleh Danau ini. Dalam bahasa lokal, Qinghai Lake memiliki nama lain yaitu “Koko Nor” (Mongolian) dan “Tso Ngonpo” (Tibetan).

Untuk masuk area Qinghai Lake ada 2 opsi:

1. Berbayar mahal lengkap dengan fasilitas (Erlangjian Scenic Area)
  2. Spot private yang berbayar murah, hanya RMB 10/orang

Qinghai to Chaka salt lake

Kami pilih opsi kedua. Dengan harga murah pun, disini kami masih bisa dapat spot foto yang bagus walaupun fasilitas sekitarnya hanya seadanya.

Setelah puas berfoto, kami lanjutkan perjalanan kembali ke kota Xining.

Di tengah perjalanan menuju Xining, kami mampir sejenak ke spot wisata Gunung Riyue atau Gunung Matahari dan Bulan. Di puncak lokasi ini terdapat dua pavilion, yaitu Pavilion Matahari dan Pavilion Bulan. Konon, 2 pavilion tersebut dibangun untuk memperingati pernikahan Putri Wencheng dari Dinasti Tang dengan Raja Tibet kuno, Srongtsen Gampo.

Riyue Mountain Blog
Kelancaran perjalanan selama 3 hari dari Xining – Qinghai – Chaka – Xining pastinya karena service yang baik dari driver kami, Mr Wei. Contact Number +86-17697111403

Akhirnya kami tiba di Xining menjelang waktu makan malam. Kami pilih Hot Pot All You Can Eat, RMB 39/orang di Wanda Plaza dekat hotel tempat kami menginap. Makan Hot Pot sangat cocok di tengah dinginnya kota Xining malam itu.

Xining Hotel

Hotel :Wanda Realm Xining Hotel

No. 76, Block 1, Xichuan South Road, Chengxi District, Xining.

Wanda hotel Xining

hotel wanda realm xining

Day 4 : XINING – ZHANGYE – DUNHUANG

Jam 9 pagi kami sudah check out dan kami diantar ke Xining High Speed Train Station. Destinasi selanjutnya adalah Zhangye!

High Speed Train depart jam 11:11 pagi dan tiba di Zhangye Train Station jam 13:13.

zhangye train station high speed

Ada apa di  ZHANGYE ?

Jika teman-teman pernah lihat foto Rainbow Mountain di Peru, kita akan menemukannya di Zhangye. HOAX ? Tentu saja tidak ! Ini buktinya….

zhangye rainbow mountain blog

Sebelum kami memasuki area Zhangye Rainbow Mountain, kami makan siang mencicipi menu khas lokal.

Zhangye food spicy chicken

Bagi Andri, trip ke Zhangye Rainbow Mountain ini adalah trip yang kedua. Solo trip pertama 4 tahun lalu sangat berbeda dengan trip kedua ini. Sekarang sudah banyak bangunan baru di sepanjang jalan menuju Zhangye dan pintu masuknya pun jadi sangat besar dan megah!

zhangye rainbow mountain blog

ZHANGYE RAINBOW MOUNTAIN

Hari ini kami menghabiskan waktu satu hari full di Zhangye. Jam 9 malam kami menuju Train station untuk melanjutkan perjalanan ke Dunhuang dengan Sleeper Train. Kereta ini akan menjadi hotel kami sepanjang malam hingga besok pagi. Zhangye – Dunhuang ditempuh selama 7 jam.

Dunhuang zhangye deluxe sleeper train

Day 5 : DUNHUANG

The Silk Road Dunhuang Hotel

Kereta tiba di Dunhuang Train Station sekitar jam 6:30 am, sopir dari hotel sudah menunggu di pintu keluar dan kami langsung menuju The Silk Road Dunhuang Hotel. Untunglah kami bisa early check in, sehingga bisa melepas lelah, sarapan dan mandi.

Alamat hotel :

The Silk Road Dunhuang Hotel (Highly Recomended!)
Dunyue Rd, Dunhuang Shi, Jiuquan Shi, Gansu Sheng, China
The Silk Road Dunhuang Hotel

Di Dunhuang suhunya mencapai 30 derajat, panas terik sekali! Perbedaan suhu sangat extreme dengan Qinghai yang hanya 0 derajat.

Spot yang wajib dikunjungi jika berada di Dunhuang ada 2 yaitu Mogao Caves dan Crescent Lake.

• Mogao Grottoes (Mogao Caves), merupakan kawasan bersejarah yang menceritakan perkembangan agama Budha di China. Disini terdapat sekitar 492 goa, dibangun mulai dari abad 4 sampai abad 14 Masehi. Untuk bisa masuk ke goa-goa ini, pengunjung akan dipandu oleh seorang Guide (berbahasa Inggris / Mandarin) yang akan meceritakan kisah sejarah dari tiap goa yang ada. Pada saat berada di dalam goa, pengunjung tidak diijinkan berfoto.

Mogao Grottoes Tang Dynasty

Cave No. 130, The Tang Dynasty (713-742 AD)

Cave No. 61, Five Dynasty (907-960AD)
  • Crescent Lake adalah salah satu spot yang wajib dikunjungi di Dunhuang karena kita bisa mendapatkan sebuah Pavilion dan Oasis tepat di tengah gurun pasir Gobi! Kabarnya beberapa tahun lalu air di Oasis ini mulai surut, lalu pemerintah China segera turun tangan dengan membuat saluran air untuk mengatur kapasitas airnya, sehingga sampai sekarang air di danau ini masih sama seperti semula.

Dunhuang Blog

Dunhuang Crescent Lake Blog things to do

Aktivitas malam hari di Dunhuang, kita bisa menyaksikan Pertunjukan Tarian Kolosal atau berjalan-jalan di Shazhou Night Market untuk menikmati snack lokal dan belanja souvenir.

Shazhou Night Market Dunhuang

Day 6 : DUNHUANG – XIAN

Pagi hari sebelum check out, kami putuskan untuk melihat-lihat city centre Dunhuang. Rupanya Suzhou Food Street baru dibuka sore hari, jadi pagi itu suasanya-nya sangat sepi, hanya ada beberapa kios souvenir yang sudah buka.

Sorenya kami lanjutkan perjalanan ke Xi’an city. Dari Dunhuang kami naik pesawat sekitar 2 jam. Dan kami tiba di Xi’an sekitar jam 8 malam.

Hotel : Vienna Hotel Xi’an Bell Tower
Alamat : 18 Anban St, Zhong Lou Shang Quan, Xincheng Qu, Xian Shi, China

family room Vienna hotel Xian

Day 7 : XI’AN

Apa yang menarik dan bisa dikunjungi di Xi’an ?

• Kami mengunjungi Xi’an city centre dan memilih untuk bersepeda dari West Gate menuju South Gate. Jika tidak ingin bersepeda disediakan mobil listrik

Xian city wall cycle

bicycle city wall xian

• Menikmati kuliner khas Xi’an yaitu Yang Rou Bao Mo di restarant Lao Sun Jia yang berdiri sejak tahun 1898.

Lao Sun Jia 1898

• Terracota Warrior. Merupakan tempat paling bersejarah di Xi’an yang sampai saat ini masih terus digali dan ditelusuri cerita sejarah masa lalu dari jaman Kaisar pertama China, Qing Shi Huang. Disini kami juga berkesempatan bertemu dengan salah satu petani, Mr. Yang Xi’an, yang “mengaku” menemukan Terracota warrior ini.

farmer xian terracotta blog

• Huanqing Palace华清宫 (Huaqing Gong) yang dibangun pada masa Dinasti Tang di area Gunung Li

The Song of Everlasting Sorrow

• Menyaksikan Pertunjukan Outdoor “The Song of Everlasting Sorrow”. Sebuah pertunjukan tarian kolosal yang melibatkan 300 aktor dan aktris di atas panggung Nine Dragon Lake, dengan latar belakang Gunung Li.

tang dynasty show xian

• Mengunjungi Drum Tower & Bell Tower. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Drum Tower & Bell Tower ini adalah malam hari saat semua lampu dinyalakan.

• Kuliner di Moslem Street (Huimin Jie). Menikmati ratusan jenis makanan, minuman dan snack

moslem street blog

moslem street

moslem street xian

• Big Goose Pagoda (Wild Goose Pagoda) adalah Pagoda terbesar di Xi’an, disini kami memilih menikmati pagoda dari sisi barat, tidak dipungut tiket masuk, dan di pagi hari banyak sekali warga lokal yang berolahraga dan menari dalam kelompok-kelompok kecil.

big goose pagoda xian

• Menonton pertunjukan wayang di sekitar Moslem Street (mini show shadow puppet). Harga tiket masuk RMB 15/orang.  Bahasa pengantar : Mandarin, menceritakan kisah salah satu legenda lokal. Show berlangsung selama 20 menit.

puppet show xian

Day 8 : Last day di Xi’an….menuju shenzhen

Hari kedelapan adalah last day trip ini. Kami akan kembali ke Hong Kong melalui Shenzhen. Penerbangan Xi’an-Shenzen sekitar 3 jam.

8 hari 7 malam Trip ini, sangat berkesan. Bukan hanya karena pemandangannya tetapi karena banyak cerita seru dan lucu sepanjang perjalanan kami.

Di Blog terpisah kami juga akan bercerita sedikit tentang Airport Xian yang memiliki banyak fasilitas untuk killing time sambil menunggu boarding. Stay tune terus di days2explore yaaa Teman-teman….