Jelajah Canyon di Negeri Tiongkok (Part 1)

Saya yakin setelah teman-teman membaca Cerita trip kami kali ini ke Ganquan Yucha dan Jingbian, akan membuka mata kita semua tentang negeri Tiongkok. Selama ini kebanyakan Turis berkunjung ke Tiongkok pasti yang terpikir adalah ke Beijing untuk melihat Great Wall-nya, ke Shanghai untuk melihat The Bund, ke  Shenzhen dan Guangzhou untuk belanja barang branded KW.

Pernah kepikiran gakk…kalo Tiongkok juga memiliki spot-spot wisata yang sangat MIRIP dengan yang ada di Arizona Amerika, Peru dan Bolivia.

Di Blog ini saya akan menunjukkan kemiripan Antelope Canyon di  Ganquan Yucha China dengan Arizona Amerika!

Hanya membutuhkan 3D/2N untuk mendatangi Ganquan Yucha dan Jingbian di Yan’an, Shanxi Province of China.

Perjalanan dimulai dari kota Xian dan transportasi yang kami pilih adalah naik High Speed Train. Mengapa dari  Xian? Karena dari Xian ke Yan’an memiliki banyak pilihan jadwal kereta, sehingga memudahkan kami mengatur waktu selama trip ‘singkat’ ini.

Ganquan Yucha Grand Canyon
Dengan High Speed Train, Xian-Yan’an ditempuh selama 2 jam 20 menit dan jam 10:48 pagi waktu setempat kami sudah tiba di Yan’an. Bisa dibilang bulan April ini adalah waktu yang cukup tepat karena temperatur di Yan’an masih sejuk.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Sesaat setelah tiba di Yan’an Train Station, kami sudah dijemput oleh Driver yang akan mengantar kami ke destinasi pertama: Ganquan Yucha. Dengan mobil butuh waktu sekitar 1.5 – 2 jam.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Kami tiba sekitar jam 1 siang, langsung membeli tiket masuk seharga RMB 70 / orang, ini sudah termasuk transportasi bus di dalam area Yucha.

Jumlah Tourist Bus yang tersedia masih belum banyak tetapi untungnya interval-nya cukup singkat.

Di Yucha terdapat 5 Canyon : Huabaocha Canyon, Longbagou Canyon, Nanhe Canyon, Fenghuanggou Canyon dan Huashugou Canyon. Jarak satu dengan yang lain cukup jauh dan jalan di kawasan ini belum semuanya beraspal bahkan sebagian masih berupa tanah berbatu yang kalau dilewati bus sangat berdebu.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Yahhh itulah Yucha saat ini. Pemerintah masih dalam tahap berbenah mempersiapkan prasarana seperti jalan dan transportasi.  Namun dengan keadaan yang seadanya ini, tidak mengubah keindahan dan keajaiban Ganquan Yucha Canyon.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Dari 5 Canyon yang ada, kami hanya bisa mendatangi 2 yang dibuka saat itu.

Untuk menikmati 2 Canyon ini total kami butuh waktu sekitar 4 jam! Di Canyon pertama karena luas areanya tidak terlalu besar hanya 30 menit berada disini sudah cukup. Yang terlama adalah berada di Canyon kedua.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Setelah turun bus, kita berjalan kaki tidak terlalu jauh menuju spot canyon kedua yang lokasinya menurun.  Tanda-tanda keindahan sudah mulai tampak saat memasuki lokasi ini.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Tebing  kekar berwarna merah bata tinggi menjulang di kiri kanan kami. Perlahan melintasi jalan setapak berbatu yang sebagian digenangi air dan ber-es sehingga sangat licin. Terlihat bias sinar matahari masuk ke dalam gua dari celah-celah tebing raksasa ini. Angin pun terasa lebih dingin selama berada di dalam.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Ganquan Yucha Grand Canyon

Tidak hanya jalan rata dengan kelokan, sesekali kita pun harus memanjat agar bisa melanjutkan perjalanan hingga ke bagian akhir Canyon. Seruuu sekali !

Ganquan Yucha Grand Canyon

Yang wajib selama berada di sini, arahkanlah pandangan kita 360 derajat karena tiap bagian memiliki bentuk yang berbeda-beda. Tengok ke atas kita bisa melihat ujung tebing seperti berlekuk dan berkelok. Membalikan pandangan ke belakang, tebingnya pun tetap memukau dan indah.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Karena banyaknya pengunjung dan jalan setapak sangat kecil, maka kita harus bersabar dan sesekali antri karena biasanya pengunjung lain akan berada cukup lama untuk berfoto ria di sisi tebing yang bagus.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Karena terlalu excited dengan view yang kita lihat, walaupun sudah selesai  sampai di ujung Canyon kedua dan siap antri Bus untuk kembali ke pintu masuk Yucha, akhirnya kami putuskan untuk sekali lagi kembali dan menyusuri Canyon kedua ini !!  Kali kedua ini baru benar-benar puas hehehehe…

Ganquan Yucha Grand Canyon

Ganquan Yucha Grand Canyon

Selesai dari Ganquan Yucha, perjalanan panjang sudah menanti kami, 3 jam kedepan kami akan tiba di kota berikutnya : Jingbian, untuk explore Wave Valley esok hari.

Di tengah perjalanan, kami sempatkan early dinner menikmati makanan lokal yang rata-rata lumayan pedas.

Ganquan Yucha Grand Canyon

Indahnya Ganquan Yucha Grand Canyon sepanjang tahun, walaupun di musim dingin tebing diselimuti es dan lumut di musim semi tetap terlihat unik dan memukau untuk dijadikan objek photo.

(Credit: Photo dari Driver kami, Mr. Qiang, Phone number : +86-13488413066)

See Also :

CHINA 5D/4N : Zhenyuan-Yangshuo-Guilin Naik Kereta Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *