Jelajah Canyon di Negeri Tiongkok (Part 2)

Pada blog Jelajah Canyon di Negeri Tiongkok (Part 1), kami bercerita tentang indahnya Ganquan Yucha. Di Part 2 ini Trip Jelajah Canyon kami lanjutkan ke Jingbian Valley of Waves.

jingbian waves valley sakura cherry blossom

Perjalanan 3 jam dengan mobil dari Yucha, kami tiba malam hari di Longzhou Village dan langsung menuju Hotel untuk beristirahat. Longzhou Village hanya sebuah perkampungan kecil, karena itulah Hotel yang ada disini rata-rata sekelas Losmen dengan fasilitas seadanya. Kita tidak dapat menemukan nama Losmen ini di website seperti Booking.com, Expedia.com dll, jadi kita hanya mengandalkan informasi / rekomendasi dari Driver yang memang sudah sangat familiar dengan daerah ini.

jingbian waves valley

Di Losmen ini kami hanya nginap semalam, ratenya RMB 150 /kamar/malam ! (sekitar IDR 300.000) dan ada kamar gratis khusus Driver.

Ruangan kamar kami sekitar 4 x 4 meter dengan 2 buah single bed, spreinya cukup bersih, disediakan selimut penghangat yang dicolok ke listrik. Kamar mandi seadanya, bersyukur masih ada fasilitas air panas, walaupun air yang keluar tidak terlalu deras, tapi cukup untuk bersih-bersih badan.

Pagi harinya Losmen menyediakan sarapan pagi, RMB 10/orang dengan menu bubur jagung, telur rebus, steam mantau dan beberapa pickles khas lokal.

Mengingat terbatasnya fasilitas, kami sarankan jika teman-teman ingin kesini, siapkan cup noodles atau snack / roti yang bisa bikin kenyang untuk sarapan pagi. Untuk cup noodles, Losmen pasti menyediakan air panas GRATIS.

jingbian waves valley

Selesai sarapan sebelum check out, kami sempatkan jalan kaki mendatangi sebuah Canyon tidak jauh dari Losmen. Disini belum ada Tiket Masuk alias masih Gratis, tapi mungkin tidak lama lagi akan mulai berbayar, karena kelihatannya sedang tahap persiapan.

Ohya… Kami sangat beruntung bisa menemukan beberapa Pohon Sakura (liar) yang sedang mekar-mekarnya saat itu. Penasaran seperti apa bentuk pohonnya ? Dibawah ini buktinya !

jingbian waves valley sakura cherry blossom

Menjelang jam 9:30 kami kembali ke hotel, bersiap untuk check out. Perjalanan ke beberapa spot-spot menarik di Jingbian Valley of Waves hanya butuh sekitar 10-15 menit dengan mobil.

Di jalan saat mobil kami mulai memasuki kawasan Jingbian, rasanya mata tidak ingin berkedip. Pemandangan Canyon terhampar luas di kiri dan kanan kami. Batu merah bertekstur seperti ombak naik turun benar-benar membuat kagum.

Jingbian adalah spot wisata yang terbilang baru. Terlihat dari belum adanya tiket masuk, di dalam area ini, baru beberapa bagian yang berpagar, tangga-tangga kayu masih dalam proses pemasangan dan pengerjaan sehingga belum semuanya terhubung dengan tangga jadi pengunjung masih bisa berjalan di batu-batu Canyon ini.

Pastikan memakai alas kaki yang nyaman selama berjalan disini agar tidak mudah tergelincir.

jingbian waves valley sakura cherry blossom

Sangat disayangkan kami sempat menemukan coretan-coretan iseng pada batu-batu Canyon, mudah-mudahan Pengunjung memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian dan keindahan Canyon disini.

Setelah puas beberapa jam meng-explore Jingbian artinya short trip Jelajah Canyon ke Yucha dan Jingbian di Shanxi Province ini sudah selesai ! Saatnya bersiap untuk Longer Trip kami minggu depan, 8D/7N ke Gangsu Province dan Xian City.

Special Thanks to Mr Qiang, Driver kami.

Trip Jelajah Canyon dari Yan’an – Ganquan – Jingbian ini  tidak akan lancar tanpa kerja sama yang baik darinya.

Contact Number Mr Qiang : +86-13488413066

See Also :

Jelajah Canyon di Negeri Tiongkok (Part 1)