Ngejar Sakura seperti Ngejar Gebetan

Apa yang paling diburu di Jepang menjelang musim semi tiba?  99,9% orang pasti akan menjawab SAKURA !

Saya sendiri sudah sejak lama membayangkan serunya piknik di bawah pohon Sakura…..menikmati bento sambil memandangi cantiknya pohon nan rimbun dengan bunga putih dan semu-semu pink.

Senang sekali Spring tahun ini kami punya kesempatan ambil cuti beberapa hari untuk merasakan euphoria Sakura langsung di negerinya!

Dan supaya trip berburu Sakura tidak sia-sia, Andri mulai mencari informasi dimana saja titik-titik lokasi Sakura yang sedang Full Bloom.

Website reference : https://sakura.weathermap.jp/en.php

Di semua portal online yang kami kunjungi beredar kabar bahwa tahun ini diperkirakan Sakura mekar lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Kami sempat kelabakan karena Tiket pesawat sudah dibeli. Jadi yang bisa kami lakukan adalah mengganti-ganti bookingan hotel disesuaikan dengan jadwal dan lokasi dimana Full Bloom Sakura berada. Intinya harus ngejar Sakura sampai dapat ! Hahahaha….

sakura map
Map Informasi status sakura di salah satu station kereta Kyoto

Hotel yang kami pilih adalah Hotel Chatelet Inn Kyoto, karna tidak jauh dari hotel terdapat beberapa titik Sakura :

1. Nijo Castle
  2. Maruyama Park
  3. Philisopher’s Path
  4. Keage Incline

sakura keage incline kyoto

Di hari pertama, pagi hari kami sudah tiba di Kyoto (Pesawat landing di Osaka Airport midnight dan kami naik JR pertama menuju Kyoto), setelah menitipkan koper di Hotel, kami segera menuju Keage Incline.

keage incline sakura kyoto

Keage Incline adalah favorite spot di kala Sakura sedang full bloom, sangat instagrammable karena kita bisa foto berjalan di rel kereta api tua yang sudah tidak berfungsi lagi dengan pemandangan pohon Sakura di sepanjang rel.  Banyak pasangan memilih lokasi ini untuk pre-wedding photo shoot.

Subway : Keage Station (Tozai Line)

Sayang sekali saat tiba disini kami hanya mendapatkan beberapa pohon Sakura yang masih ada bunganya dan hanya satu pohon yang rimbun dan itupun sudah menjadi incaran foto semua pengunjung termasuk yang ingin pre-wedding photo, jadi harus antri bergiliran.

Tidak puas dengan apa yang kami lihat, kami pun tidak berlama-lama disini. Kami putuskan untuk segera mengejar Sakura ke Hikone Castle.

Hikone Castle ( 彦根城, Hikone-jō) berada di Shiga Perfecture, di bagian utara Kyoto, hanya berjarak 1,5 jam dengan JR. Sekitar jam 10 pagi kami sudah tiba.

Betapa senangnya kami waktu itu…karena di area menuju gerbang Hikone  Castle kami sudah disambut oleh deretan Sakura yang sedang bermekaran !! Semakin kami mendekati loket tiket masuk….semakin banyak Pohon Sakura di kiri kanan kami…

sakura hikone castle

Disini pengunjung bukan hanya turis mancanegara tetapi warga Jepang pun ramai memenuhi area ini. Semua tampak begitu antusias berfoto mengabadikan keindahan warna warni Sakura berpadu dengan kemegahan arsitektur Hikone Castle yang dinobatkan sebagai National Treasure pada tahun 1952.

Sepanjang jalan di dalam area ini menggiring kami memasuki sebuah taman yang luas penuh dengan pohon Sakura yang amat cantik memukau. Demi memuaskan mata dan hati, tiap sudut taman kami jalani, tidak ada satu lokasi pun yang luput dari jepretan kamera kami.

Menuju pintu keluar, disediakan area luas lengkap dengan beberapa food stall dan taman dimana pengunjung boleh duduk-duduk untuk makan atau bersantai dibawah rimbunnya pohon Sakura.

sakura hikone castle

Tidak sabar…. kami segera memesan Takoyaki, menggelar picnic mat tepat di pinggir sungai dan dibawah pohon Sakura. Today…My dream comes true !

Malam harinya, kami berkesempatan mendatangi Nijo Castle. Disini pengunjung bisa menyaksikan Night Time Cherry Blossom Ilumination Festival.

nijo castle

Namun karena antrian pengunjung panjanggg sekali, kami terpaksa membatalkan niat kami dan memilih makan malam di izakaya いっこん dekat hotel, bersama teman lama kami dari Kyoto (izakaya artinya informal Japanese pub).

izakaya food kyoto

izakaya dinner kyoto

Di hari kedua kami di Jepang, setelah paginya mengunjungi Fushimi Inari dan Arashiyama Bamboo Forest, lokasi ketiga yang menjadi tujuan kami adalah Sakura di Kinosakionsen.  Sempat agak down pas tiba disini, karena saat itu seharian hujan dan angin cukup kencang, pastinya akan membuat bunga Sakura banyak yang rontok.

Setelah sampai di Konosakionsen JR Station menuju ryokan Tajimaya tempat kami menginap,  tidak terlihat pohon Sakura yang bermekaran, yang ada hanya kelopak bunga yang beterbangan dan sebagian sudah berguguran di jalan dan dipermukaan sungai. Makin down….

Namun setelah bertanya ke staf penginapan dimana lokasi Sakura, kami pun berhasil menemukannya di 2 spots yang ternyata lokasinya tidak jauh.

kinosakionsen sakura

Rasanya pengejaran kami lengkap sudah !  Disini malah kami bisa berfoto di antara pohon Sakura dengan Yukata… Serasa asli orang Jepang!

kinosaki onsen sakura

Bonus Sakura. Hari terakhir di Kyoto, kami mengunjungi Kinkaku-Ji (Golden Pavilion), diluar dugaan… ternyata di dalam area ini terdapat sebuah pohon Sakura yang masih berbunga !

Beberapa hari ngejar Sakura, bener-bener seperti ngejar Gebetan!