Pengalaman Pertama Membuat Ba Chang di Hong Kong

Dragon Boat Festival (di Indonesia lebih dikenal dengan Peh Cun Festival) adalah salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Tiongkok. Yang khas dari perayaan ini adalah perlombaan Dragon Boat dan tradisi makan Ba Chang.

zhong zi

Menyambut Dragon Boat Festival tahun ini, tiba-tiba saya tertarik untuk belajar bagaimana caranya membuat dan membungkus Ba Chang. Beruntung saya mempunyai family yang masih memegang tradisi membuat Ba Chang sendiri, jadi saya pun tidak ingin menyianyiakan kesempatan ini.

zhong zi

PERSIAPAN MEMBUAT BA CHANG :

  1. Beras ketan diberikan sedikit garam dan sedikit minyak sayur, direndam selama 1 jam, lalu airnya ditiriskan
  2. Daging segar di-marinated dengan kecap asin, bawang putih segar cincang kasar, garam dan gula secukupnya. Minimal 1 malam di marinated agar bumbu terserap sempurna
  3. Telur asin mentah ambil kuningnya saja
  4. Daun bambu yang sudah direbus dengan air, lalu dikeringkan dan dilap dengan kain hingga permukaannya bersih
  5. Tali pengikat

Vlog full story the making of Zhong Zi (Ba Chang) :

Cara membungkus Ba Chang benar-benar membutuhkan ketrampilan tangan dan jari jemari. Untuk 1 buah Ba Chang membutuhkan 3 – 4 lembar Daun Bambu.

zhong zi

Dan karena ini pertama kali bagi saya membungkus Ba Chang, saya memilih membuatnya dengan ukuran sedang. Walaupun tangan masih kaku, tapi sudah berhasil membungkus 10 buah ! Bentuknya pun not bad at all…. hehehehe

ba cang hong kong

Ba Chang yang sudah dibungkus daun dan diikat dengan tali, siap untuk direbus selama 4-5 jam tergantung ukuran  Ba Chang.

There’s always a first time for everything !

HAPPY DRAGON BOAT FESTIVAL 2017 EVERYONE

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *