Mengambil flight pagi biasanya ada keuntungan dan konsekuensi-nya.

Keuntungan karena biasanya semua Maskapai memberikan harga lebih murah sehingga sudah pasti  para Budget Traveller seperti kami tidak akan berpikir lama untuk mengambil flight ini.

Konsekuensi-nya jika mengambil flight pagi adalah kami harus bangun pagi-pagi sekali agar bisa  tiba di Airport 2 jam sebelum keberangkatan.

Di Trip Taipei ini kami mengambil flight jam 8 pagi dari Taipei ke Hong Kong, dan harus check in jam 05:30.

Ada 3 opsi sebelum kami memutuskan menginap di airport :

1. Booking hotel atau guest house di Taipei.  Dibutuhkan waktu 50 menit dengan mobil atau bus dari pusat kota Taipei ke Bandara. Artinya untuk mengejar check in jam 05:30, maka sekitar jam 04:00 kami sudah harus bangun dan bersiap

2. Booking kamar di Hotel Novotel. Lokasi Novotel sangat dekat ke Airport, hanya dengan berjalan kaki tetapi room rate per malam lumayan mahal.

3. Tidur di Bandara Taoyuan

Mempertimbangan waktu, jarak tempuh dan budget, akhirnya kami memutuskan untuk bermalam di Bandara Taoyuan !

Dan untuk mendapatkan tidur yang ‘cukup’ selama bermalam di Bandara, perlu lokasi yang mendukung dan nyaman.

Mencari tempat beristirahat yang nyaman di dalam Airport Taoyuan ini bukan hal mudah. Kami mengamati tiap sudut di semua lantai di Departure Hall yang memungkinkan untuk kami tidur dengan nyenyak.

Pencarian kami membuahkan hasil !  Di lantai Basement ada sebuah area food court yang di dalamnya ada food counter, Mc Donalds  dan toko 7-Eleven.  Disaat semua food counter sudah tutup pada jam 22:00, 7-Eleven malah buka 24 jam !

Disini kami juga lihat bangku-bangkunya  dilapis busa, jadi pasti empuk dan nyaman untuk berbaring. Selain itu di area ini terdapat toilet pengunjung,  air keran langsung minum, plug listrik, dan yang paling penting adalah FREE WIFI Non stop !

Dan karena lokasi Food Court agak jauh dari pusat keramaian airport, maka suasana disini cukup tenang.

charger di taiwan airport

Setelah  charged full semua gadget dan ingin melanjutkan tulis-tulis blog, saya memilih area bangku empuk di tengah food court dekat  dengan 7-Eleven.

SLEEP IN TPE

Jika berencana tidur di Bandara Taipei lagi, penutup mata akan sangat membantu untuk menghalangi cahaya lampu.

Pada berbagai titik di area ini, penumpang lain juga memanfaatkan waktu untuk duduk dan beristirahat disini, beberapa dari mereka juga  ada yang tidur dan sebagian lagi menikmati makanan/minuman yang dibeli dari 7-Eleven.

Yang membedakan Taipei airport dengan airport lainnya adalah adanya fasilitas shower!!!  Namun fasilitas shower ini berada di Check-in area setelah melewati imigrasi.

Ingat!!, bila kamu berada di area check in Taoyuan Airport (sebelum masuk imigrasi), wajib foto-foto di self check in counter-nya EVA AIR yang bertema HELLO KITTY

taipei taiwan airport hello kitty