The Mystery of Orkney Island

Gak pake lama kami memutuskan Trip ke Orkney Island  ini, setelah tahu Andri akan ada Business Trip ke London. Persiapan dimulai dengan apply Visa UK dan membuat itinerary.

Mengapa Orkney ? Sebenarnya karena tidak sengaja saja. Kebetulan akhir-akhir ini Andri sedang mencari destinasi untuk melihat Aurora (setelah tidak berhasil mendapatkannya di Iceland) dan ketemulah Orkney Island ini.

Perjalanan yang  kami tempuh dengan pesawat Hongkong – London – Aberdeen – Kirkwall memakan waktu total 16 jam !

Orkney Island adalah salah satu pulau kecil di Scotland diantara lebih dari 70 gugusan pulau yang beberapa diantaranya tidak ditempati (uninhabited).

plane to orkney island

DAY 1

Saat kami tiba di Kirkwall Airport, waktu masih sekitar jam 12 local time, kami  segera mencari car rental di arrival hall, namun tidak ada satu pun yang memiliki stok mobil.  Public taxi pun tidak ada yang stand by di sekitar airport saat itu. Dengan bantuan staf airport, kami diorderkan taxi dan menunggu 20 menit. Setelah taxi datang kami menuju The Inn Guest House B&B.

orkney bus stop

Untunglah lokasi The Inn Guest House B&B sangat dekat dengan bus stop, sehingga membantu mobilitas kami dan tentunya ongkos bus  lebih murah dibandingkan taxi walaupun kami harus menunggu bus dengan interval 30 menit – 1 jam.

hotel orkney

Destinasi pertama kami mengunjungi Stromness Harbour naik public bus (Bus no.2)  dari Kirkwall Tourist Information center bus stop.

Stromness adalah kota nelayan dengan rumah-rumah dan dermaga yang sangat sibuk tiap harinya. Namun karena kami tiba disini sudah jam 5 sore dan pas hari Sabtu maka suasana yang kami temukan sangat berbeda.  Sepi dan hampir semua toko sudah tutup, tidak banyak mobil yang melintas.

stromness

Tidak jauh dari tempat kami turun bus, terdapat Ferry terminal yang menghubungkan Stromness dengan Scrabster Scotland, sailing time 6 kali sehari.

orkney, stromness harbour, stromness

Seperti sudah direncanakan, kami ingin chasing Aurora di Orkney island maka Andri terus memantau pergerakan Aurora malam ini dari Orkney Aurora group di Facebook. Sekitar jam 12 malam ada tanda-tanda Aurora dan kami bersiap untuk mengabadikan moment ini !

Inilah penampakan Aurora walaupun hanya sekilas tapi kami sudah sangat excited !

aurora, aurora orkney

DAY 2

Minggu pagi di Holm. Ternyata disini setiap hari Minggu, Public bus dari area Holm tidak beroperasi. Tidak ingin kendala transportasi menghambat adventure  kami, maka jalan kaki pun kami lakoni.  Dimulai dengan  mengunjungi Italian Chapel, berjalan kaki selama 20 menit menyusuri Churchill Barrier, dimana jalan utama di pagi itu sangat sepi dan hampir tidak ada orang dan mobil yang lewat.

Churchill barriers

Italian Chapel adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun pada Januari 1942 oleh sekitar 550 orang tahanan perang Italia yang saat itu sedang membangun Churchill Barrier. Saat kami sampai,  Chapelnya masih tutup, jadi kami puas-puasin foto di sekitar Chapel.

italian chapel sign

italian chapel

ORKNEY ITALIAN CHAPEL

Makan pagi di Guest House. English Breakfast yang menyehatkan !

sarapan di orkney

TOP DESTINATIONS AT ORKNEY ISLAND :

Setelah breakfast, kami bersiap mengunjungi beberapa iconic spot seperti Skara Brae, Ring of Brodgar dan pusat kota Kirkwall. Total lamanya perjalanan kami perkirakan sekitar 3 jam. Dan karena lokasi satu dengan yang lainnya berjauhan maka kami putuskan menyewa taxi. Harga sewa (setelah nego) GBP 100 / 3 jam.

SKARA BRAE,  adalah perkampungan penduduk pada zaman Neolitikum,  lebih tua dari Stonehenge di Inggris dan Piramida di Mesir, terletak di Teluk Skaill di pantai barat pulau terbesar di Orkney. Terdiri dari delapan rumah yang dibangun sekitar 3180 SM sampai  2500 SM.  Perkampungan ini adalah peninggalan sejarah terlengkap di Eropa, oleh karenanya UNESCO World Heritage Site menobatkan Skara Brae sebagai salah satu dari empat situs yang menjadi “The Heart of Neolithic Orkney” .

Konon situs bersejarah ini ditemukan setelah badai pada tahun 1850. Skara Brae memberikan gambaran yang luar biasa dari kehidupan jaman Neolitik 5.000 tahun yang lalu, sebelum Stonehenge dibangun.

Untuk masuk ke area Skara Brae, pengunjung wajib membeli tiket seharga GBP 3.90/orang.  Di ticket counter ini kita bisa beristirahat sejenak di Cafe sambil melihat-lihat toko souvenir yang menjual oleh-oleh khas Orkney.

Setelah membayar tiket masuk, kami diajak menyaksikan short movie tentang sejarah Skara Brae, lalu melihat-lihat fakta sejarah peradaban dunia yang tersusun rapi di dinding. Lalu kami dibawa ke pintu keluar yang nantinya terhubung dengan pintu masuk Skara Brae.  Tepat di pintu keluar ini ada sebuah rumah replika yang didalamnya lengkap dengan interior zaman sejarah, pengunjung diijinkan masuk ke dalamnya untuk berfoto atau sekedar melihat-lihat.

skara brae skotland

RING OF BRODGAR

Tidak jauh dari situs Skara Brae, sekitar 15 menit perjalanan dengan mobil, sampailah kami di area parkir Ring of Brodgar.

Situs ini gratis dan berada di padang rumput yang sangat luas. Jika cuaca mendung, sebaiknya  siapkan payung atau jaket waterproof karena disini tidak ada tempat berteduh dan perubahan cuaca bisa terjadi kapan saja.

Dari parking area menuju Ring of Brodgar,  pengunjung harus berjalan sekitar  beberapa ratus meter.

The Ring of Brodgar adalah Neolitik henge dan batu lingkaran sekitar 6 mil ke arah utara-timur dari Stromness, Ini adalah bagian dari UNESCO World Heritage Site yang dikenal sebagai “Heart of Neolithic Orkney”.

ring of brodgar

Situs ini masih menjadi misteri dan kapan dibangun batu-batuan ini masih belum jelas,  diperkirakan antara 2500 SM sampai 2000 SM.

DAY 3

ST. MAGNUS CATHEDRAL

Berada di pusat kota KirkwallKatedral St. Magnus adalah Gereja yang lokasinya paling utara di Inggris yang didirikan oleh Viking Earl Rognvald tahun 1137. Dikenal sebagai ‘Light in the North’.

katedral st magnus

EARL’S PALACE

Berada tepat di sebelah Katedral St. Magnus, istana ini dibangun oleh Patrick, Earl of Orkney.  Earl Patrick secara luas diakui sebagai salah satu bangsawan paling kejam dalam sejarah Skotlandia.

earl palace patrick

TOP SOUVENIR FROM ORKNEY ISLAND :

WHISKY !!!

orkney whisky

IMPORTANT NOTES :

• Visa yang di butuhkan : Visa Inggris (UK)
  • Mata uang : Poundsterling (GBP)