Top Destinations in PRAGUE (PRAHA)

Setelah transit semalam di  Moscow, kami terbang menuju Praha – Republik Ceko (Prague in English) yang merupakan destinasi kedua di itinerary Europe Trip kami.

praha airport

Moscow 21 Jam Transit

Setibanya di Airport Praha  (Václav Havel Airport Prague) kami langsung membeli tiket airport pass yang bisa digunakan untuk naik bus dan kereta dari airport menuju pusat kota.  Kami naik airport bus nomor 100 sampai ke Zličín station (terminal metro line B) selanjutnya naik metro sampai di Národní třída station. Dan kemudian berjalan kaki selama 5 menit untuk sampai di Elite Hotel tempat kami menginap.

bus praha

Pilihan kami menginap di Elite Hotel sangat tepat karena lokasinya strategis di pusat keramaian dan dikelilingi restoran. Dekorasi kamarnya pun sangat unik dan klasik.

hotel elite praha

 

UNFORGETTABLE VALENTINE DINNER in Praha

dinner in prague

Antara disengaja dan tidak, hari pertama kami di Praha tepat Valentine’s Day, rasa-rasanya perlu juga menjadikan event ini lebih spesial dibandingkan Valentine tahun-tahun lalu (selama ini kami memang tidak pernah merayakan Valentine secara khusus). Akhirnya kami memilih  sebuah restoran lokal Restaurace U Zpěváčků dengan menu khas Praha Pork Knuckle, ditemani local beer dan sebuah lilin yang membuat moment Valentine dinner ini lebih romantis !
Recommended : Pork Knuckle !!  (non Halal)

 

TOP DESTINATIONS IN PRAGUE (PRAHA) :

Tips hemat dan praktis keliling  Praha dengan public transport (tram, bus dan subway) adalah membeli PRAGUE CITY PASS.  Kami membeli Pass untuk 3 hari seharga 310 CZK/orang (harga 1 day Pass  110 CZK /orang)

praha tram

Head of Franz Kafka

Destinasi pertama kami adalah patung Head of Franz Kafka yang terbuat dari alumunium, bergerak secara kinetik setiap saat mengikuti hembusan angin. Berlokasi di halaman Department Store Quadrio dekat lokasi hotel kami.

Head of Franz Kafka

Charles Bridge (Karlův most)

Charles Bridge adalah Icon kota Praha yang juga jembatan tertua di sini. Hanya  20 menit dari hotel, kami berjalan kaki menyusuri tepi Sungai Vltava atau 2 stops dengan Tram.

charles bridge

Charles Bridge dibangun pada masa pemerintahan Charles IV. Pembangunannya dimulai  pada tahun 1357, selesai pada tahun 1402.  Dari tahun 1683 s/d 1928, sebanyak 30 patung orang-orang kudus diukir untuk menghiasi jembatan ini. Yang paling terkenal adalah patung St John of Nepomuk.

St John of Nepomuk

charles bridge

Jika kamu kesini, jangan lupa untuk “make a wish” caranya dengan menuliskan wishes di gembok lalu menggantungkannya di pagar Charles Bridge.

Old Town Bridge Tower (Staroměstská mostecká věž)

Old Town Bridge Tower adalah salah satu jembatan gothic yang paling indah di dunia. Sama halnya dengan Charles Bridge,  Bridge Tower juga dibangun pada pemerintahan Charles IV. Didesain oleh Petr Parléř pada pertengahan abad ke-14.

old town bridge

Harga tiket masuk Old Town Bridge Tower  : 90 CZK/orang

Untuk mendapatkan pemandangan indah kota Praha,  pengunjung disarankan naik hingga roof top (sekitar 138 anak tangga)

Lesser Town Bridge Towers (Malostranské mostecké věže)

Personally kami lebih menyukai pemandangan  dari roof top Lesser Bridge Tower, karena ternyata di sini bisa mendapatkan view Sungai Vltava dengan background Old Town Bridge Tower dan Kota Tua Praha.

Harga tiket masuk : 90 CZK/orang

charles bridge

St. Nicholas Church (Kostel svatého Mikuláše)

Tidak jauh di belakang Lesser Town Bridge Towers, ada sebuah gereja, St. Nicholas Church. Gereja tua dengan design Baroque, didalamnya kita bisa menikmati keindahan interior dan patung-patung  yang berdiri megah. St Nicholas Church dibangun antara 1704-1755 dan didedikasikan untuk Saint Nicholas.

st nicholas praha

Bangunan ini digambarkan sebagai “the most impressive example of Prague Baroque” dan ini adalah gereja Baroque terbesar di Praha.

st nicholas church Praha

Powder Tower (Prašná brána)

Kalau kamu bingung harus mulai dari mana menjelajah kota Praha, maka kami sarankan bisa dimulai dari Powder Tower, yang letaknya bersebelahan dengan gedung Prague’s Municipal House (Obecní dům).  Prague’s Municipal House ini berarsitektur art nouveau  yang merupakan tempat pertunjukan seni, konser atau opera.

powder tower

Powder Tower bisa dijangkau dengan naik metro, turun di  Náměstí Republiky station, lanjut dengan jalan kaki (tidak terlalu jauh). Powder Tower sebelumnya berfungsi sebagai gudang mesiu. Dari atas Tower dengan ketinggian sekitar 44 meter kita bisa mendapatkan view seluruh kota tua Praha bagaikan di negeri dongeng ala Cinderella.

powder tower

Old Town Square (Staroměstské náměstí)

Metro : Mustek (lines A & B)

Old Town Square adalah jantungnya kota Praha. Di sini pusat keramaian  berdegub kencang! Menyusuri Old Town Square  kami merasakan keunikan kota Praha.  Di satu sisi Old Town Square menawarkan keindahan bangunan masa lalu yang didominasi gaya Baroque, namun di sisi lainnya Old Town Square menggambarkan kehidupan modern masa kini dengan toko-toko branded, aneka food stalls, fancy restoran, bar dan hotel berbintang nan mewah.   Tidak hanya itu, Old Town Square juga menjadi lokasi street performing arts yang kerap dipadati pengunjung.

Old town square praha

Old Town Square tidak luput dari Tourist Trap!  Jadi tetaplah berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan orang yang berbaik hati menawarkan bantuan (bantuan ingin fotoin kamu atau terang-terangan minta uang untuk anaknya yang belum makan) karena bisa jadi kamu sedang dalam incaran sang Tourist Trap ini.

Trdlo or Trdelnik adalah sweet pastry, unik karena bagian tengahnya bolong. Ini adalah traditional snack Praha.

Svařák adalah hot wine, walaupun bukan minuman tradisional Ceko, tapi sangat populer dan banyak dijual di food stall sekitar Old Town Square.

Old Town Hall with Astronomical Clock (Staroměstská radnice s orlojem)

The Old Town Hall didirikan pada tahun 1338 sebagai pusat pemerintahan Kota Tua Praha. Bagian tertua dari kompleks ini terdiri dari sebuah menara Gothic lengkap dengan chapel dan Astronomical Clock – yang dikenal sebagaiOrloj” .  Keunikan Astronomical clock adalah setiap jam antara jam 9 pagi sampai 11 malam, dua belas rasul Yesus muncul dari jam ini.

Astronomical Clock

Setiap jam-nya, ratusan turis dari seluruh dunia ramai berkumpul tepat di depan The Old Town Hall untuk menikmati dan mengabadikan penampilan mekanik yang menarik dimana dulu pada abad pertengahan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia.  Astronomical Clock Praha,  selama 600 tahun menjadi salah satu peninggalan sejarah terbesar di kota ini.

HARD ROCK CAFE PRAHA

Berjalan menyusuri Old Town Praha rasanya ada yang kurang jika belum mampir ke Hard Rock Cafe yang terbesar di Eropa.  Berlokasi di Gedung V.J Rott, cafe seluas 1900 m2 dengan total 4 lantai ini menampilkan interior bergaya neo-Renaisance dengan icon lampu chandelier berbentuk gitar dengan lebar 5 meter tergantung kokoh tepat di tengah atrium cafe.

Kami duduk di Bar utama sambil menikmati Cocktails dan suasana Rock n Roll di dalam Hard Rock Cafe ini.

HARD ROCK COAFE PRAGUE

Hard Rock Cafe Prague

Klementinum

Tidak jauh dari Charles Bridge terdapat sebuah perpustakaan Klementinum yang merupakan perpustakaan terindah peninggalan jaman Baroque, dengan lukisan-lukisan fresco di atas aulanya. Namun sayangnya di bagian dalam perpustakaan ini, pengunjung dilarang berfoto.

Tiket masuk per orang 220 CZK termasuk guide, dan tour ini dimulai setiap 30 menit.

KLEMENTINUM

Grevin Praha

Museum lilin Grevin terbilang unik terutama di bagian dalamnya, museum tiga lantai ini menampilkan patung lilin tokoh-tokoh terkenal, terdapat juga tempat permainan untuk anak-anak.  Lokasinya mudah ditemukan, dekat dengan Old Town Square.

Saya berfoto dengan patung lilin Louis de Funès, aktor komedi Perancis yang pernah mendapat nominasi Golden Globe.

grevin praha

Prague City Centre

prague city

Bila berkeliling di kota Praha, sempatkan mampir ke Dancing House, sebuah gedung berdesain unik tepat di tengah kota, lokasinya di sisi sungai Vltava, tidak jauh dari Charles Bridge.

dancing house

St. Vitus Cathedral & Prague Castle

Berjarak lumayan jauh dari Old Town Praha dan berada di kawasan perbukitan, terdapat Gereja Katolik Roma terbesar di Praha, St. Vitus Cathedral.  Gereja ini masih aktif dengan kegiatan ibadah dan di dalam area St. Vitus Cathedral terdapat kuburan Raja-Raja dan Bangsawan Bohemian.

Berdekatan dengan St Vitus Cathedral, terdapat Prague Castle. Kami sangat beruntung, pada saat berada disana bisa menyaksikan Guard Changing Ceremony.

st vitus

Prague castle

Berjalan sedikit dari gerbang Prague Castle,kita bisa melihat seluruh kota Praha dari ketinggian.

prague castle

Small Travel bag from AIGNESS Mini Sling Bag

aigness

3 days in Prague was like entering the fairyland. We do fall in love with this city and will be back someday for another fairy tale story….

We’ve met the Pope!!

One day trip to Zermatt from Milan? It’s possible !

WHAT YOU SHOULD KNOW:

  1. Kata Prague atau Praha adalah sama. Prague adalah versi Bahasa Inggris, sedangkan Praha berasal dari bahasa Slavic
  2. Mata uang Praha  CZK (Czech Koruna)
  3. Visa yang dibutuhkan Schengen Visa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *