Uji Nyali di Gua Haji Mangku

gua haji mangkuGoa Halo Tabung atau lebih dikenal dengan nama Gua Haji Mangku, berlokasi di Kampung Payung-payung, Pulau Maratua. Sudah bisa di tebak dari namannya pasti ada hubungan dengan orang yang bernama Haji Mangku, dan memang ternyata beliaulah yang menemukan gua ini, sehingga akhirnya lokasi ini dinamakan sesuai namanya

Untuk menuju ke Gua Haji Mangku kami menggunakan speed boat selama 20 menit dari penginapan di Maratua Paradise Resort.

Waktu yang paling tepat pergi kesini adalah pagi hari disaat air laut masih pasang.

Sesaat setelah turun dari speed boat, kita akan trekking ringan selama 10 menit menuju bibir Gua Haji Mangku. Medannya tidak terlalu sulit, hanya bebatuan kecil di sepanjang jalan.

Hal penting yang perlu diketahui sebelum datang kesini jika menggunakan boat adalah wajib memperhatikan kapan waktunya pasang surut air laut karena pantai di dekat dermaga yang menuju jalan masuk gua ini sangat landai dan banyak batu karang, sehingga akan sangat sulit untuk boat/kapal berlabuh bila air mulai surut.

Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku

Letak Gua Haji Mangku berada di dalam hutan inilah yang membuat airnya lebih dingin dan menyegarkan. Tidak heran jika banyak orang yang lupa waktu saat berendam disini.

Walaupun airnya terlihat sangat jernih namun bagian dasarnya seperti tak berujung, dan ternyata menurut keterangan guide kami,  memang kedalamannya mencapai 30 meter !!

Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku

Kalau sudah berada di Gua Haji Mangku, terjun ke air adalah WAJIB. Walaupun pertamanya memang butuh nyali supaya berani lompat ke air dari tebing yang ketinggiannya sekitar 5 meter, tetapi kalo sudah sekali terjun pasti akan ketagihan!

Ohya sebelum lompat ke air harus hati-hati menentukan posisi lompat dan titik jatuhnya,  jangan sembarangan dan asal nyebur karena banyak batu tajam di dalam air.

Gua Haji Mangku

Sensasi pertama setelah nyebur ke air adalah DINGIN!!! dan airnya ternyata asin.

Gua Haji Mangku

Tips berwisata ke Gua Haji Mangku :

  1. Pakai sendal/alas kaki yang tahan dengan karang tajam.
  2. Waterproof camera
  3. Snorkeling gears (buat kenyamanan berenang/explore bawah airnya)
  4. Life vest
  5. Check pasang surut laut (bila naik boat)
  6. Datang di pagi hari
  7. Jangan datang sendiri (tunggu orang lain datang)

Lokasi dalam Google map : Goa Halo Tabung 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *